Keuntungan Buat Timnas Indonesia, Kuota Pemain di Piala AFF Bertambah

edisi tahun 2020 ini akan memperbolehkan setiap tim memiliki 30 pemain untuk dimainkan sepanjang turnamen.

Keputusan ini diambil oleh Konfederasi Sepakbola Asia Tenggara () pada pertemuan virtual hari Kamis (11/6) lalu.

Pada edisi sebelumnya, setiap tim harus menyetor 50 nama pada pendaftaran awal dan satu hari sebelum turnamen dimulai dipangkas menjadi 23 pemain saja.

Mulai edisi tahun 2020 ini, 70 nama pemain boleh disetorkan dalam pendaftaran awal dan setiap tim boleh memakai hingga 30 pemain di turnamen.

Dan nantinya di hari pertandingan, setiap tim boleh membawa 23 pemain, bertambah tiga dari sebelumnya yang hanya 20 pemain.

Tentu penambahan jumlah pemain akan memberikan opsi lebih kepada setiap pelatih dalam pertandingan. Namun ini bisa menjadi buah simalakama untuk klub dan soal jadwal padat di sisa musim ini.

Sering kali kepentingan klub dan PSSI berbenturan gara-gara jadwal tak selaras Liga 1 dan juga .
halaman 2 dari 3
Aturan Baru dan Kesiapan Jadi Tuan Rumah Tunggal

Selain itu karena pandemi virus corona, aturan baru yakni memakai lima pemain pengganti juga akan diberlakukan di .

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) baru-baru ini menyatakan diri siap menjadi tuan rumah tunggal turnamen tersebut, demi mereduksi penyebaran virus corona dalam perjalanan setiap tim.

Format edisi tahun 2018 adalah pertandingan tuan rumah dan tandang untuk setiap tim selama babak penyisihan grup. Dan tentu itu akan dihapus jika format tuan rumah tunggal diadopsi.

Vietnam saat ini adalah juara bertahan, memenangkan gelar Piala AFF 2018 dengan mengalahkan Malaysia 3-2 dalam pertemuan dua leg.

Berita Terkait