Peran Baru Sylvano Comvalius di Arema FC yang Buat Persib Hancur Lebur

Setelah meninggalkan Liga 1, Sylvano Comvalius secara mengejutkan memutuskan untuk kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada musim 2019. Dirinya menerima pinangan Arema FC sebelum Liga 1 2019 dimulai.

Nama Comnvalius sendiri sudah sangat tenar di persepakbolaan Indonesia. Bagaimana tidak, dirinya mampu mencatatkan sejarah baru di Liga Indonesia, dengan menjadi top skor terbanyak dalam satu musim.

Itu ia torehkan saat masih memperkuat Bali United pada Liga 1 2017 lalu. Pemain berkebangsaan Belanda itu mampu mencetak 37 gol dari 34 pertandingan, sekaligus melampaui rekor top skor Peri Sandria (34 gol) dalam satu musim.

Dengan modal itu, Comvalius pun digadang-gadang bakal menjadi kandidat terkuat peraih top skor Liga 1 2019. Tentunya ia juga diharapkan bisa membantu produktivtas Arema FC pada musim ini.

Akan tetapi, peran Comvalius di Arema sendiri sedikit berbeda dengan apa yang ia perlihatkan di Bali United. Bersama Singo Edan, Comvalius lebih sering menguasai bola dan berlari ke pinggir lapangan.

Keputusan itu ia ambil untuk bisa melancarkan umpan-umpan mematikan dari sisi lapangan. Itu juga ia perlihatkan ketika Arema membantai habis Persib Bandung dengan skor 5-1 di pekan ke-11 Liga 1 2019.

Comvalius sendiri lebih sering menjadi pemantul ketika mendapatkan bola di depan gawang lawan. Dirinya jarang mengambil keputusan untuk mencetak gol, dan lebih memilih membiarkan rekannya yang berselebrasi.

Pada pertandingan Arema vs Persib itu, Comvaloius mampu menyumbangkan dua assist cantik yang disempurnakan oleh Dendi Santoso (4’) dan Makan Konate (5’). Berkat instingnya itulah yang membuat Arema langsung unggul 2 gol saat laga baru berjalan 5 menit.

Berkat peran baru yang dia mainkan bersama Arema ini, membuat dirinya menjadi penyumbang assist terbanyak sementara di Liga 1 2019 dengan torehan 5 assist, bersama Ciro Alves dan Rizky Pora.

Tiga assist lainnya yang disumbangkan Comvalius di Liga 1 2019 terjadi pada pertandingan melawan Semen Padang (1) dan Persipura Jayapura (2).

Sejauh ini, Comvalius juga berhasil mencetak gol sebanyak 3 kali dari 10 mpertandingan. Tiga gol itu ia lesatkan ketika melawan PSS Sleman (1-3), Badak Lampung (4-1), dan Bhayangkara FC (3-2).