Dukungan dan Motivasi Hamka Hamzah buat Arema U-21

dukungan-dan-motivasi-hamka-hamzah-buat-arema-u-21

Meski jadi bulan-bulanan di turnamen ISC U-21, tim Arema Cronus U-21 tetap mendapatkan dukungan dari para seniornya. Kapten tim senior, Hamka Hamzah, sampai turun tangan memberikan semangat agar para juniornya tidak patah arang melanjutkan kiprah di ISC U-21.

Dari tujuh pertandingan yang sudah dilewati, Singo Edan Muda jadi juru kunci Grup 2 dengan hanya memiliki satu poin dan kebobolan 27 gol. Terakhir, Arema U-21 menerima kekalahan telak 0-6 di kandang sendiri, Stadion Gajayana, Malang, melawan Persegres Gresik United, Kamis (13/10/2016).

“Pemain U-21 masih sangat muda. Rata-rata 18 tahun. Tidak masalah meski gagal di kompetisi sekarang. Yang penting ada pelajaran pengalaman dari ajang kali ini,” kata bek kelahiran Makassar, 32 tahun silam itu.

Tetapi, bek yang pernah menjabat sebagai kapten timnas senior Indonesia itu berpesan agar di kompetisi musim depan, hasil buruk di tahun ini tidak terulang lagi.

“Sekarang kan masih pembinaan. Tidak perlu disesali apalagi sekarang ibaratnya kompetisi masih belum resmi. Tapi, tahun depan harus punya target tinggi,” tegasnya.

Hamka juga menularkan ilmunya kepada para pemain U-21 dalam beberapa kali kesempatan. Seperti saat pemain U-21 dilibatkan dalam sesi latihan tim senior atau saat dia berkunjung ke kantor manajemen Arema.

“Meski masih muda, yang penting jangan takut melawan pemain yang lebih senior. Saya dulu main bola sudah masuk tim senior sejak usia 16 tahun. Kuncinya tidak usah minder atau takut. Itu saja,” imbuh bapak dua anak tersebut.

Kini Arema U-21 sudah dipastikan gagal melaju ke fase selanjutnya. Namun, masih ada tiga pertandingan sisa yang akan dilakoni. Seperti melawan Bali United, Barito Putera dan Madura United. Dalam laga itu, tim besutan Dony Suherman ini diharapkan bisa main lebih lepas dan berani.

Meski tiga tim tersebut memiliki materi pemain lebih matang dari segi usia, Hamka Hamzah mengajarkan kepada juniornya agar tidak menyerah sebelum bertanding.