Persiba Balikpapan Duetkan Tiga Pemain Liberia

Persiba Balikpapan Duetkan Tiga Pemain LiberiaSkuad Balikpapan yang disiapkan menuju Piala Gubernur Kaltim 2016 tampaknya kian kental dengan sepak bola Liberia. Pasalnya, setelah merekrut Boakay Eddie Foday dan , manajemen tim berjuluk Beruang Madu berencana mendatangkan satu pemain lagi dari daratan Afrika Barat yang beroposisi sebagai defender, Khon Dirkir Glay.

Sejatinya, Persiba telah mendatangkan Teles Dos Santos untuk memenuhi slot tiga pemain asing. Namun pria asal Brasil tersebut dinilai tidak layak berkostum biru-biru—warna kebesaran Persiba, lantaran kondisinya belum pulih 100 persen. Sementara dengan waktu persiapan kurang dari tiga pekan, tim pelatih membutuhkan pemain yang siap tampil. Mengingat Beruang Madu mematok target tinggi.

“Untuk Santos akan kami pulangkan dalam waktu dekat karena kondisinya kurang siap. Dia juga menyadari keputusan ini dan meminta maaf kepada kami (tim pelatih dan manajemen, Red) karena tidak siap,” ujar Eduard Tjong selaku pelatih kepala Persiba, Kamis (21/1) kemarin.

Pencoretan Santos tidak mengejutkan, sebab ketika mengikuti latihan rutin di Stadion Persiba, pria bertinggi badan 193 cm ini tampak belum bisa beradaptasi dengan cuaca di Tanah Air, khususnya Balikpapan. Padahal, sebelumnya dia sempat bermain di Brunei Darussalam dan , selama beberapa musim. Namun, saat berlatih, dia lebih sering meminta waktu istirahat.

“Santos beralasan sebelum dipanggil ke Balikpapan, dia sempat istirahat selama dua bulan. Supaya bisa merumput di , dia berencana ke Bali untuk beradaptasi,” Edu sapaan akrab Eduard Tjong.

Sedangkan Dirkir, rencananya tiba di Balikpapan antara Sabtu (23/1) atau Minggu (24/1) nanti. Diprediksi pemain dengan usia 24 tahun ini bisa masuk skuad Persiba. Karena sudah memiliki jam terbang baik dengan memperkuat Liberia sebanyak enam kali.

Pada 2014 dan 2015, Dirkir yang mendapat julukan “traktor” ini memperkuat klub raksasa Kenya, Gor Mahia.

Sementara itu dalam latihan yang berlangsung di Lapangan Futsal Hotel Blue Sky Balikpapan, tampak striker lokal yang baru mengikuti seleksi adalah . “Meski belum sepenuhnya komplet, saya cukup tenang karena sudah dapat bayangan tim inti. Tetapi, saya tidak mau berbicara juara dulu karena harus fokus lolos penyisihan grup,” pungkas Edu. (*/ndu/is/k18/prokaltim)

Berita Terkait