‘Tim Transisi Takkan Ganggu Pra PON Sepakbola’

'Tim Transisi Takkan Ganggu Pra PON Sepakbola'

Pra PON cabang olahraga sepakbola dipastikan dimulai pada 20 hingga 30 Maret 2016. Di ajang ini, sebanyak 22 tim akan ikut. Ke-22 tim tersebut bakal dibagi ke dalam 6 grup. Pembagian grup tetap berlandaskan pada sistem zona.

“Tetap pakai sistem zona wilayah. Ada 6 grup di Pra PON kali ini,” kata Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Duddy S Sutandi, ketika ditemui di kantor Kemenpora, Selasa 12 Januari 2016.

Duddy mengaku sudah menyediakan 5 stadion untuk dipakai dalam Pra PON kali ini. Kelima stadion itu adalah Si Jalak Harupat (Soreang), Galuh (Ciamis), Wibawa Mukti (Cikarang), Siliwangi (Bandung), dan Pakansari (Bogor).

Asprov Jawa Barat sudah memiliki gambaran mengenai tempat digelarnya pertandingan masing-masing grup. Namun, hal tersebut akan diputuskan pada rapat Kamis 14 Januari 2016.

Terkait perangkat pertandingan, Asprov PSSI Jawa Barat akan menyediakannya. Duddy memastikan, Tim Transisi tak bakal terjun dalam pengelolaan Pra PON sepakbola 2016.

“Wasit dan perangkat pertandingannya dari kami. Jawa Barat punya semuanya, wasit yang bersertifikat nasional hingga AFC. Mereka yang pernah bertugas di ISL juga akan kami tugaskan,” terang Duddy.

“Artinya, segala teknis pertandingan kami yang urus. Tim Transisi hanya jadi steering committee. Dan saya harus aktif berkoordinasi dengan Asprov PSSI peserta Pra PON kali ini dan menjelaskan teknisnya,” lanjut dia.

Di kesempatan yang sama, anggota Tim Transisi, Gatot S Dewa Broto, memastikan pihaknya bakal berperan pasif dalam penyelenggaraan Pra PON. Mereka hanya menjalankan tugas dan fungsinya sebagai steering committee.

“Layaknya steering committee, kami cuma bertugas mengawasi dan memantau bagaimana penyelenggaraan Pra PON. Kalau ada yang aneh, baru kami bertindak,” ucap Gatot.

Ada 5 tim yang sudah lolos ke PON 2016, Jawa Barat. Mereka adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat (tuan rumah), dan Kalimantan Timur (juara bertahan). (vivabola)

Pembagian Grup Pra PON 2016:

Grup A: Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. (Direncanakan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang)

Grup B:
Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tengara Timur. (Direncanakan bertanding di Stadion Galuh, Ciamis)

Grup C:
Kalimantan Barat Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah (Direncanakan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang)

Grup D:
Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat (Stadion Siliwangi, Bandung)

Grup E:
Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Direncanakan digelar di Stadion Siliwangi, Bandung)

Grup F:
Maluku Utara, Papua Barat, Papua (Direncanakan digelar di Stadion Pakansari, Bogor)