PREVIEW Piala Jenderal Sudirman: PS TNI vs Semen Padang

PJS

Pelatih Semen Padang Nilmaizar tetap optimistis mendulang angka penuh saat menghadapi PS TNI dalam laga perdana Grup D delapan besar Piala Jenderal Sudirman di Stadion Manahan Solo, Sabtu (12/12) sore WIB.

Ketiga pemain tersebut adalah Saepuloh Maulana dan Ricky Ohorella akibat cedera, serta gelandang Yu Hyun Koo yang menjalani akumulasi kartu kuning. Saepuloh sebelumnya diharapkan bisa dimainkan, namun berdasarkan pemeriksaan terakhir, kondisinya masih belum memungkinkan.

Nil sudah memastikan Rudi bakal menggantikan peran Hyun Koo di sektor tengah. Sedangkan pengganti Saepuloh diserahkan kepada Hamdi Ramdhan. Dalam beberapa latihan, Hamdi diduetkan dengan Mohamadou Al Hadji sebagai bek tengah. Sementara tempat Ricky diambil Satrio Syam.

“Rudi kami turunkan untuk menggantikan posisi Yu Hyun Koo. Kami berharap dia mampu menampilkan permainan terbaiknya. Setiap tim pastinya ingin kemenangan di pertandingan pertama, termasuk kami,” kata Nil.

“Kami tidak gentar dengan dukungan ribuan tentara untuk tim lawan. Kami sudah mempersiapkan diri mulai dari teknis, strategi, hingga mental pemain. Selain itu, pemain kami juga banyak yang punya pengalaman menghadapi dukungan suporter lawan.”

 

Sementara itu, pelatih PS TNI Suharto memastikan dua penggawanya tidak bisa diturunkan, yakni Wanda Syahputra dan Syaiful Ramdhan. Wanda absen karena belum pulih dari cedera, sedangkan Syaiful izin melangsungkan pernikahan.

“Absennya Wanda memang sedikit banyak memengaruhi performa tim. Wanda salah satu benteng kuat kami di lini belakang, dan tampil konsisten sepanjang fase penyisihan,” kata Suharto.

Hilangnya Wanda dan Syaiful tak merisaukan juru taktik PS TNI tersebut. Dia menyiapkan opsi cadangan dengan menempatkan Manahati Lestusen di posisi Wanda. Suharto juga mewaspadai permainan kolektivitas Kabau Sirah, serta taktik Nil Maizar yang kerap mengejutkan.

“Formasi otomatis akan berubah. Anak-anak siap tempur. Mereka termotivasi saat lawan tim kuat semacam Semen Padang. Evaluasi babak penyisihan grup antara lain memperbaiki kelemahan lini belakang,” jelas Suharo.

“Mereka bagus di semua lini. Saya mewaspadai strategi Nil yang bisa berubah, dan berbeda seperti di babak penyisihan.” (gk-18)

Berikut prakiraan susunan pemain:

PS TNI: Dhika Bhayangkara; Wiganda Pradika, Manahati Lestusen, Hardiantoro, Choirul Hidayat, Suhandi, Legimin Raharjo, Wawan Febriyanto, Erwin Ramdani, Dimas Derajad, Tambun Naibaho.

Semen Padang: Jandia Eka Putra; Mohamadou Al Hadji, Hamdi Ramdhan, Hengki Ardilles, Satrio Syam, Rudi, Vendry Mofu, M Alwi Slamat, Leo Guntara, Nur Iskandar, James Koko Lomell.