Persib Sayangkan Komentar Firman Utina

Firman Utina Sambut Kembalinya Makan Konate dan Vladimir Vujovic

Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) menyayangkan komentar Firman Utina yang keliru sehingga menimbulkan polemik. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono mengatakan, tidak benar jika PT PBB tidak memberikan gaji kepada pemain termasuk Firman Utina selama Piala Presiden. Bahkan menurut Kuswara, pihak manajemen sudah menyelesaikan semua kewajiban kepada pemain, seperti pembayaran bonus dan hak pemain lainnya.

Kuswara juga menjelaskan pasal-pasal dalam kontrak bukan hal yang baru dan sudah seperti kontrak pemain dan klub pada umumnya. Oleh karena itu, jika memang ada pasal yang tidak sepakat bisa dibicarakan, tidak perlu bicara kepada media atau umum. Apalagi asas dalam pembuatan kontrak itu bebas, sehingga nanti produknya bergantung pada kesepakatan kedua belah pihak. Selain itu, mayoritas pemain PERSIB juga sudah melakukan tanda tangan kontrak.

“Jadi peryataan Firman kurang tepat. Tidak ada pasal yang memberatkan seperti yang disampaikan Firman. Tapi mungkin, lebih kepada tata tertib dan itu pun harus dibaca secara menyeluruh tidak pasal per pasal, karena akan lain penafsirannya. Kontrak ini tidak jauh berbeda dengan kontrak sebelumnya. Hanya berbeda pada durasi dan nilai kontrak saja,” kata Kuswara menjelaskan.

Kuswara juga menyampaikan terima kasih kepada Firman Utina dan pemain lainnya yang sudah berkontribusi buat PERSIB selama ini. Manajemen pun menghargai keputusan pemain yang tidak lagi membela PERSIB.

Namun, alangkah bijaksana jika pemain meninggalkan PERSIB tidak menimbulkan polemik akibat dari informasi yang keliru. “Dulu Ferdinand Sinaga pindah ke Sriwijaya FC sempat ramai juga. Tapi lama kelamaan bobotoh juga akhirnya tahu informasi yang sebenarnya,” kata Kuswara.

Kuswara mengakui dedikasi Firman dan pemain lainnya yang tetap tampil saat turnamen Piala Jenderal Sudirman meskipun dalam kondisi tidak dikontrak, patut mendapat apresiasi. Namun hak-hak pemain, ditegaskan Kuswara, akan tetap diberikan sesuai dengan aturan yang disepakati. (persib.co.id)