FFI Berniat Lobi FIFA Berikan Dispensi pada Futsal

Hary Tanoe

Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Harry Tanoesudibjo, berkeinginan untuk melobi FIFA agar futsal diberikan dispensasi bisa berjalan di luar jalur PSSI agar bisa tampil di ajang internasional.

Sepak bola dan futsal adalah dua keping yang tidak bisa di pisahkan. Futsal lahir di Amerika Selatan dan berkembang pesat setelah diambil alih FIFA sejak tahun 1989. Begitu pula dengan Indonesia, dimana perkembangannya begitu signifikan sehingga memacu semangat para penggiat olahraga untuk mengantarkan tim futsal Indonesia ke depan pintu gerbang internasional.

Namun keinginan tersebut sangat sulit diwujudkan dalam waktu dekat ini karena saat ini Indonesia sedang disanksi FIFA akibat campur tangan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Bukan hanya sepak bola saja yang terpuruk, tapi futsal pun kena imbasnya.

“Apakah mungkin kita lobi FIFA agar diberi dispensasi untuk bisa berjalan di luar jalur PSSI, dalam arti untuk bisa mengikuti kompetisi internasional, jawabannya bukan di kita, tapi di mereka, tapi kita harus melakukan lobi-lobi yang saya thau itu tidak mudah,” ungkap Hary Tanoesudibjo saat memberi sambutan pembukaan kongres AFI, Jumat (20/11/2015).

“Ini adalah salah satu hal pribadi yang saya angkat, sayang sekali jika kita harus menunggu terlalu lama,” tambahnya.

Saat ini Futsal Indonesia menempati rangking 45 dunia, dan rangking delapan di Asia. Bukan hal mustahil untuk bisa menduduki rangking empat dunia, yang secara otomatis mendapatkan tiket ke Piala Dunia. (Inilah)