Soal Pencegahan Nobar Suporter, Ketum PSSI: Kan Ada PPKM

PSSI sudah mendapatkan izin untuk menggelar Piala Menpora 2021. Keberhasilan pelaksanaan kompetisi pramusim ini berpengaruh besar untuk perizinan Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menyerahkan izin keramaian usai bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, Kamis (18/2). Dalam pertemuan terpisah, Menpora meneruskan izin tersebut kepada PSSI dan PT LIB.

Catatan utama yang mesti diperhatikan adalah kompetisi dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, suporter dilarang hadir ke stadion dan tidak dibolehkan menggelar kegiatan nonton bareng pertandingan.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam konferensi pers bersama Menpora pada Jumat (19//2) menegaskan untuk mencegah hal itu terjadi akan ada bantuan dari elemen pemerintah lainnya. Karena memang dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro kerumunan masyarakat di ruang publik sifatnya dibatasi.

“Sekarang aja enggak usah ada yang nonton bareng kan PPKM atau Satgas COVID-19 kan sudah jalan. Polisi, TNI, Pemda, Satpol PP sudah jalan. Itu sudah menjadi bagian dari kita,” ujar Ketum PSSI.

Piala Menpora 2021 rencananya dimulai pada 20 Maret 2021. Dalam sisa waktu satu bulan ke depan akan ada sosialisasi yang diberikan kepada kelompok-kelompok suporter untuk mengajak menyaksikan pertandingan dari rumah masing-masing.

“Jadi memang kita meminta bantuan juga kepada pihak kepolisian untuk membantu kita antisipasi yang nonton bareng. Jadi sekarang pun sudah jalan di wilayah-wilayah. Sekarang kita akan lebih mematangkan lagi dalam sebulan soal nonton bareng,” tegas Ketum PSSI. (bolalob)