Miftah Anwar Sani, dari Bukan Siapa-siapa Menuju Liga Bosnia dan Herzegovina

Nama Miftah Anwar Sani mendadak tenar dalam beberapa pekan terakhir. Bukan karena permainannya di lapangan, melainkan lantaran mencuatnya rumor ia akan bermain di Bosnia dan Herzegovina.

Sebelum kabar ini beredar, tidak banyak yang tahu siapa Miftah Anwar Sani. Namanya terdengar asing di pentas sepak bola nasional.

Miftah Anwar Sani lahir di Salatiga, Jawa Tengah, pada 19 September 1995. Dia merupakan jebolan SSB Saint Prima, Bandung dan Diklat Salatiga.

Lulus SMA, Miftah Anwar Sani menjadi prajurit TNI Angkatan Darat (AD) lewat jalur prestasi. Dia juga lolos seleksi PS TNI pada 2016. Miftah Anwar Sani adalah pesepak bola yang berposisi sebagai bek sayap kiri.

Karena usianya yang masih muda kala itu, Miftah Anwar Sani dipinjamkan ke PPSM Magelang pada 2017, berlanjut ke Madura FC pada 2018. Setahun berselang, ia pindah secara permanen ke Badak Lampung, yang kala itu berkiprah di Liga 1.

Di Badak Lampung, Miftah Anwar Sani tidak banyak bermain. Dia hanya tampil dalam 12 pertandingan dari total 34 laga Liga 1 2019.

Ketika Badak Lampung terdegradasi, ia dicomot oleh Persita Tangerang untuk musim 2020. Miftah Anwar Sani diproyeksi sebagai pelapis Edo Febriansyah di posisi bek sayap kiri.

Di musim 2020, Persita sempat bertanding tiga kali sebelum kompetisi dihentikan. Namun, Miftah Anwar Sani tidak pernah dimainkan. Dia juga hanya sekali dipercaya masuk daftar susunan pemain (DSP).

Fakta itu membuktikan bahwa kualitas Miftah Anwar Sani tidak terlalu spesial. Itulah mengapa banyak yang meragukan rumor kepindahannya ke Bosnia dan Herzegovina.

Akhir Januari 2021, media sosial Instagram digemparkan oleh klarifikasi Miftah Anwar Sani. Dia menyebut rumor bermain di Bosnia dan Herzegovina hanya isapan jempol belaka.

Entah dari mana asalnya rumor itu, tiba-tiba Miftah Anwar Sani bikin pernyataan untuk mendinginkan suasana.

“Assalamualaikum wr wb, saya Miftah Anwar Sani, dengan ini memberikan klarifikasi atas rumor pemberitaan yang berkembang sejak awal pekan ini. Pertama, hingga saat ini saya masih terikat kontrak dengan Persita dan saya masih sangat bermain untuk klub ini,” tulis Miftah Anwar Sani dalam akun Instagramnya, @miftahanwarsani.

“Kedua, berita yang beredar tentang saya ke klub Eropa itu tidak benar sama sekali. Saya tidak pernah berkomunikasi dengan pihak atau klub mana pun tentang hal tersebut. Saya juga tidak tahu-menahu mengenai asal mula rumor itu.”

“Ketiga, sebagaimana diketahui, bahwa saya merupakan anggota TNI aktif. Karena kompetisi belum berjalan kembali, saat ini saya berdinas sebagaimana mestinya. Untuk itu, sangat kecil kemungkinan bagi saya untuk berada di luar negeri dalam waktu yang lama. Karena saya bergerak dan berbuat atas dasar izin dan perintah. Bagi saya pribadi, sudah bisa dapat izin untuk bermain di Persita saja sudah sangat bersyukur.”

“Demikian klarifikasi ini, saya buat sebagai bentuk penyataan kebenaran dan hormat serta kecintaan saya kepada klub saya saat ini. Semoga pernyataan saya ini bisa dimanfaatkan dan disebarluaskan dengan benar untuk meluruskan rumor yang ada,” tuturnya.

Faktanya, agen dari Miftah Anwar Sani, Aggy Eka Ressy bersama Kedutaan Besar (Kedubes) Bosnia dan Herzegovina di Jakarta menggelar konferensi pers pada Selasa (16/2/2021) dengan beberapa media. Dalam perbincangan itu, diungkap bahwa Miftah Anwar Sani akan bermain untuk FK Sloboda Tuzla di Liga Bosnia dan Herzegovina.

Sloboda Tuzla adalah kontestan Premijer Liga atau kasta teratas dalam piramida sepak bola di Bosnia dan Herzegovina.

“Terkait klarifikasi pemberitaan Miftah Anwar Sani yang pernah diunggah di Instagram, karena waktu itu proses administratifnya belum ada, dan waktu itu dia juga masih terikat dengan Persita,” Aggy.

“Sekarang, semuanya sudah beres. Kami akan mempersiapkan keberangakatan Miftah Anwar Sani ke Bosnia. Sepertinya pada pekan ini,” jelas Aggy.

Kini, posisi Miftah Anwar Sani tidak lagi terikat dengan Persita. Kepindahannya ke Sloboda Tuzla pun bisa dipublikasikan secara luas.

“Jadi, statusnya Miftah Anwar Sani itu bebas transfer. Dia akan dikontrak hingga Juni 2021 atau setengah musim dan tidak ada opsi perpanjangan kontrak. Kami dapat permintaan langsung dari klub Sloboda Tuzla untuk mengurus administrasi Miftah di Indonesia untuk ke Bosnia,” tutur Aggy.

Aggy menjelaskan, Sloboda Tuzla telah mendaftarkan Miftah Anwar Sani ke Premijer Liga. Dia pun tinggal dimainkan setibanya di sana.

“Kami hanya punya waktu satu minggu. Jadi sejak pekan lalu, Miftah Anwar Sani sudah teregistrasi di Bosnia. Karena pada awal Maret 2021, dia akan mulai tampil di kompetisi. Kami di sini mendukung dan berusaha memberikan yang terbaik,” imbuh Aggy. (bola.com)