PSSI Resmi Terbitkan Surat Keputusan Terkait Pemberhentian Kompetisi Musim 2020

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia telah resmi menerbitkan surat keputusan terbaru terkait kompetisi musim 2020. Seperti diketahui, musim 2020 dianggap batal karena pandemi virus corona yang masuk Indonesia sejak Maret tahun lalu.

Pemberhentian musim 2020 ini sebenarnya sudah ditetapkan sejak 20 Januari lalu melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, namun surat baru diterbitkan pada 26 Januari, dengan beberapa poin pertimbangan, hingga keputusan.

Surat keputusan ini bernomor 05/SKEP/I-2001 ditandatangani oleh ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Total terdapat lima poin keputusan di dalam surat tersebut, berdasarkan rapat Exco dan rapat antara pemilik klub Liga 1, Liga 2, bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Surat Keputusan ini menetapkan penghentian kompetisi tahun 2020 disebakan keadaan kahar [force majeure] terkait dengan pandemi Covid-19. Kompetisi 2020 ditetapkan tanpa juara, tanpa promosi, dan degradasi,” kata Iriawan, dalam laman resmi PSSI.

“Untuk kontrak klub dengan pihak perkait [pemain, pelatih, ofisial] mengacu kepada aturan keadaan kahar [force majeure] di dalam kontrak masing-masing klub dengan pihak terkait. Atau melakukan negosiasi ulang sehingga tercapai kesepakatan bersama,” imbuh dia.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa hal-hal yang belum termasuk dalam surat keputusan tersebut tentang penghentian kompetisi tahun 2020 akan diatur kemudian dalam ketentuan terpisah.

Surat keputusan tersebut mulai berlaku terhitung sejak tanggal ditetapkan, dengan keputusan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam surat keputusan tersebut, maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Dengan resminya SK ini diterbitkan maka klub memiliki dasar untuk mengambil langkah mengenai kontrak mereka dengan pemain, pelatih dan ofisial yang umumnya habis pada akhir musim 2020. Dalam surat ini tidak diatur apakah klub harus menggunakan anggota yang sama pada musim 2021 nanti.

PSSI pun belum menetapkan kapan kompetisi musim 2021 dilaksanakan, setelah banyak klub berharap bisa digelar setelah Idulfitri tahun ini. Banyak klub juga yang meminta supaya izin lebih dahulu diamankan, dan dilakukan simulasi lebih dulu soal pelaksanaan pertandingan di tengah pandemi virus corona.

“Untuk musim kompetisi 2021, PSSI terus bekerja keras agar dapat Liga 1, 2, 3 dan kompetisi amatir lainnya dapat berjalan. Surat permohonan izin kompetisi dan berbagai upaya sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi atau pejabat terkait,” tulis PSSI dalam situs resmi mereka.

“PSSI pun sudah siap menggelar kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton. Karena kelanjutan kompetisi merupakan salah satu jalan untuk pembinaan sepak bola Tanah Air yang muaranya ke tim nasional Indonesia.”