Pelatih Bali United Sarankan Digelar Turnamen

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, ingin ada turnamen sebelum Liga 1 2021, dimulai. Ia merasa ajang tersebut bagus untuk persiapan seluruh klub.

PSSI beberapa hari lalu telah memutuskan Liga 1 2020 dibatalkan. Akan tetapi, belum diketahui pelaksanaan kompetisi sepakbola kasta teratas nasional tersebut untuk musim 2021.

Persoalan tersebut bakal dibahas PSSI ketika menggelar kongres tahunan pada bulan depan. Beredar kabar, Liga 1 2021 dilaksanakan Hari Raya Idulfitri atau Juni mendatang.

Selain membatalkan kompetisi 2020, ada beberapa ketetapan lainnya yang dikeluarkan dari rapat Exco PSSI tersebut. Mulai dari tidak ada klub yang menjadi juara dan terdegradasi.

Kemudian, peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Lalu terakhir kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing kesebelasan.

“Menurut saya sangat lama sekali tim bisa kembali bertanding. Kita bisa lihat tim dari negara lain lebih siap daripada tim di Indonesia karena tidak adanya kompetisi yang belum terlaksana,” kata sosok yang karib disapa Teco tersebut, dikutip laman resmi klub.

Teco berharap ada segera kepastian bergulirnya Liga 1 2021. Ia membutuhkannya karena Bali United juga bakal berpartisipasi di Piala AFC, sebagai perwakilan Indonesia.

“Jika memang harus terpaksa terlaksana bulan Juni, tentu bisa dilaksanakan turnamen seperti Piala Presiden. Ini turnamen juga bisa menjadi solusi agar tim Liga 1 punya persiapan bagus sebelum menuju kompetisi resmi,” ucap pria berpaspor Brasil tersebut.

Pada Liga 1 2020, Teco membawa Bali United tampil gemilang. Serdadu Tridatu tidak pernah menelan kekalahan dari tiga pertandingan yang dimainkan sebelum kompetisi dihentikan pertengahan Maret lalu.

Bali United mampu mengalahkan Barito Putera dan Madura United. Sementara satu pertandingan lainnya ditahan klub yang baru promosi Persita Tangerang.

Saat ini seluruh pemain Bali United, masih diperintahkan berlatih mandiri di kediaman masing-masing. Stefano Lilipaly dan kolega sudah tidak berlatih bersama sejak beberapa bulan lalu.

Belum diketahui kapan Bali United mengumpulkan para pemainnya. Klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta tersebut masih menunggu perkembangan Liga 1 2021 dan Piala AFC.