Punya Tujuan Mulia, Boaz Solossa Berniat Jadi Pelatih Selepas Pensiun

Kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa, mengutarakan niat terjun ke dunia kepelatihan kelak usai memutuskan gantung sepatu. Eks bintang timnas Indonesia ini sudah mantap untuk melanjutkan karier sebagai juru taktik.

Legenda hidup yang akrab disapa Bochi ini sudah memiliki rencana untuk menjadi pelatih. Impiannya itu ingin diwujudkan seusai pensiun sebagai pemain.

“Saya memang sudah berpikir untuk ke situ dengan ilmu dan pengalaman yang saya punya. Kalau bukan kita, siapa lagi?” ungkap Boaz Solossa, Minggu (24/1/21).

Selain menggeluti dunia menulis, Boaz juga bercita-cita ingin membuka sekolah sepak bola (SSB) untuk menyalurkan ilmunya kepada bakat-bakat muda di Papua.

Tak hanya Bochi, rekan setimnya di Persipura Jayapura, Yustinus Pae, yang akrab disapa Tipa juga menuturkan hal serupa, yakni mendirikan SSB.

“Kalau saya sudah ada rencana juga untuk buka SSB di Koya, di kampung halaman saya,” kata Yustinus Pae menimpali perkataan Boaz Solossa.

Kedua bintang Persipura ini memang berhasrat melanjutkan karier sebagai pelatih setelah pada November lalu baru saja mendapatkan lisensi C AFC dalam program kursus kepelatihan di Bali.

Sebelumnya, Boaz Solossa dan Yustinus Pae mencoba merintis pekerjaan sampingan mereka sebagai penulis. Keduanya mulai menerbitkan buku di tengah pandemi virus corona.

Terdapat dua buku yang sudah beres ditulis oleh kedua bintang Persipura ini masing-masing berjudul “Pemuda Bola, Semangat Sepak bola Papua” dan “Pemuda-Gerakan-Bola Pengusaha-Bijak”. Karya mereka itu sudah siap edar ke publik dan akan diluncurkan dalam waktu dekat.