Ini Tanggapan Viking Persib Club Setelah Liga 1 2020 Bubar

Ketua Umum Viking Persib Club (VPC), Herru Joko, memberikan komentar mengenai keputusan dibatalkannya kompetisi Liga 1 2020 karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi covid-19.

Menurut Herru, keputusan yang diambil oleh PSSI tentu sudah dipertimbangkan dengan matang. Selain itu, sebelumnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) menampung aspirasi klub yang mayoritas menginginkan kompetisi Liga 1 2020 tidak dilanjutkan.

“Sebenarnya mungkin ini keputusan bersama. PSSI juga bukan organisasi otoriter, lewat rapat, semuanya sudah dipertimbangkan dengan matang,” kata Herru, Kamis (21/01/2021).

Sebagai supporter, Herru mengaku menyayangkan kompetisi musim 2020 dibatalkan, apalagi penampilan Persib sedang meningkat dan berada di puncak klasemen sementara, setelah meraih tiga kemenangan beruntun.

“Tapi sebagai Bobotoh sayang kemarin sudah di atas. Kemarin didapatnya dengan susah payah, dengan persiapan yang matang, terus kita menjadi pemuncak,” ungkapnya.

Meski begitu, Herru menerima dengan lapang dada keputusan yang diambil PSSI demi kebaikan bersama. Karena, kondisi pandemi corona saat ini masih belum terkendali.

Herru berharap, setelah musim 2020 dibatalkan, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru bisa segera menentukan keputusan mengenai kompetisi Liga 1 2021. Karena, sebagai supporter sudah cukup lama tidak menyaksikan pertandingan sepak bola.

“Tapi tidak apa-apa menerimalah, mungkin nanti akan berhubungan dengan jadwal yang baru lagi. Jadi kami menerima, yang penting kami ingin segera ada kompertisi. Tapi dengan format yang aman dari pandemi ini. Semuanya bisa menonton lagi tapi dengan cara yang aman, mungkin bisa tanpa penonton,” ungkapnya.

Sementara itu, manajemen Persib saat ini sedang menunggu informasi resmi dari PT LIB dan PSSI mengenai kepastian kompetisi Liga 1 2021. Karena, klub butuh persiapan untuk menghadapi kompetisi.