AFC Buka Peluang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Digelar Terpusat, Timnas Indonesia Tanpa Beban

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membuka peluang menggelar seluruh pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 secara terpusat pada Juni 2021. Hal itu dilakukan karena belum kondusifnya situasi di negara-negara Asia akibat pandemi COVID-19.

AFC sudah merilis jadwal pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada Grup G, terdapat empat pertandingan yang akan digelar pada 25 dan 30 Maret 2020.

Namun, pertandingan-pertandingan tersebut terancama dibatalkan mengingat situasi yang belum kondusif karena pandemi COVID-19. AFC mempersilakan kepada negara-negara yang menjadi tuan rumah untuk bisa berkoordinasi terkait jadwal tersebut.

“Jadwal sudah dirilis. Sekarang, negara-negara yang terlibat bisa berdiskusi apakah bisa bermain atau tidak. Kalau Maret tidak bisa bermain, maka pindah ke Juni karena masing-masing negara punya status COVID-19 yang berbeda,” kata Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Windsor Paul John, seperti dikutip Berita Harian, Jumat (22/1/2021).

“Ada beberapa negara yang bisa bermain, beberapa lainnya tidak bisa bermain. Jadi, kami mendorong negara-negara yang terlibat untuk memulai diskusi apakah mereka bisa bermain atau tidak,” tegas Windsor Paul John.

Jika disepakati tidak bisa bermain pada Maret 2021, maka AFC siap membuat keputusan agar semua pertandingan sisa digelar pada Juni mendatang. Nantinya, semua pertandingan harus selesai dan digelar terpusat demi memiminalisir penyebaran COVID-19.

“Kami sarankan atau putuskan setiap pertandingan yang tidak bisa diselesaikan pada Maret, maka dimainkan selama Juni. Kita sudah tidak punya waktu sehingga tak bisa ditunda. Jadi, Kualifikasi Piala Dunia 2022 harus selesai pada Juni,” tegas Windsor Paul John.

Sementara itu, Timnas Indonesia bakal bermain tanpa beban pada pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Seperti diketahui, Tim Merah Putih sudah tidak memiliki kepentingan lagi di ajang tersebut.

Timnas Indonesia menghuni dasar Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan nol poin dari lima pertandingan. Pasukan Shin Tae-yong itu akan menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam pada laga sisa.

Meski demikian, Timnas Indonesia bisa menjadikan laga ini sebagai ajang perbaikan peringkat di ranking FIFA. Apalagi laga nanti akan menandai debut Shin Tae-yong di timnas senior.