Inilah Keunggulan Asnawi Mangkualam yang Buat Klub Korsel Jatuh Hati

Satu lagi pemain muda Indonesia akan menjalani karier di luar negeri. Dia adalah bek sayap muda PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar. Asnawi resmi memperkuat tim Liga Korea Selatan, Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam yang merupakan pemain Timnas Indonesia ini akan dikontrak Ansan Greeners untuk durasi satu tahun ditambah opsi satu tahun perpanjangan kontrak.

“Pada tanggal 19 (Januari 2021) diputuskan untuk mengontrak bek timnas sepak bola Indonesia Asunawi Mangkualam Bahar. Durasi kontrak Asnawi adalah 1 tahun ditambah opsi 1 tahun perpanjangan” kata Presiden klub Ansan Greeners, Joo Chan-yong dilansir media Korea Selatan, N Sports.

Asnawi Mangkualam sendiri akan menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Korea Selatan. Tentunya hal ini akan menambah jam terbang untuk pemain berdarah Makassar ini.

Langkah Ansan Greeners merekrut Asnawi tak lepas dari rekomendasi pelatih timnas, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korsel itu mengatakan bahwa karakter main pemain berusia 21 tahun itu cocok dengan permainan Liga Korea.

“Sebagai pemain bertahan, dia merupakan pemain dengan determinasi dan semangat. Hal itu akan cocok dengan K-League,” kata Shin Tae-yong dilansir kantor berita Korea Selatan, KBS.

“Sebagai pemain berbakat yang sudah membela timnas Indonesia, dia saat ini aktif membela timnas U-23 dan timnas senior. Dia bertugas mengawal sisi sayap kanan, dan pertahannya luar biasa dengan penempatan posisi tubuh sehingga penyerang tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik,” tuturnya lagi.

Sementara itu, bergabungnya Asnawi Mangkualam ke klub Korea Selatan menambah daftar pemain Indonesia yang bergabung dengan klub luar Indonesia.

Sebelumnya ada nama Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk) dan Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica) yang bermain di Eropa.

Selain itu ada juga nama-nama seperti Ryuji Utomo (Penang FC), Yanto Basna (Prachuap FC) dan Todd Rivaldo Ferre (Lampang FC) yang bermain di Asia.