Robert Rene Alberts: Piala Indonesia Juga Layak Diprioritaskan

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap PSSI juga memprioritaskan Piala Indonesia agar bisa segera bergulir.

Menurut Alberts, selain Liga 1, Piala Indonesia merupakan ajang bergengsi yang gelarannya juga layak untuk diprioritaskan.

Pelatih berkebangsaan Belanda itu menuturkan, selama ini dirinya hanya mendengar mengenai wacana dan rencana soal gelaran Liga 1.

Alberts mendukung setiap upaya dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggulirkan kembali Liga 1, yang sudah hampir setahun mengalami hiatus.

“Di waktu yang bersamaan juga jangan lupakan Piala Indonesia karena saya hanya mendengar masukan soal liga. Saya belum melihat ada masukan mengenai Piala Indonesia,” kata Alberts, Senin (18/1/2021).

Menurut Alberts, Piala Indonesia adalah gelaran yang penting, karena melalui turnamen domestik itu klub bisa memiliki kesempatan untuk tampil di kompetisi Asia.

Mengingat, PSSI mengalokasikan satu jatah klub untuk tampil di Piala AFC bagi kesebelasan berstatus juara Piala Indonesia.

“Padahal ini adalah cara kedua bagi klub Indonesia maju ke kompetisi AFC tapi tidak pernah disebut. Saya pikir Piala FA harus tetap diperhatikan, karena di negara lain Piala FA adalah turnamen penting kedua setelah liga,” Alberts menegaskan.

Terkait Liga 1, Alberts mengatakan, dirinya tetap pada pendirian agar PSSI dan PT LIB melupakan rencana melanjutkan Liga 1 2020.

Menurut Alberts, situasinya saat ini sudah tidak lagi relevan bila Liga 1 2020 dilanjutkan.

“Saya sudah berbicara sejak Desember, karena ketidakjelasan maka seharusnya kami menghentikan liga 2020. Saya katakan itu pada Desember lalu berdasarkan liga terhenti sejak Maret dan berdasarkan sekarang sudah memasuki tahun 2021,” Robert mengatakan.

“Selain itu berdasarkan situasi yang tidak jelas juga. Jadi tidak bagus untuk memulai lagi liga 2020 pada tahun 2021 dan juga memaksakan digelar liga 2021 pada tahun 2021,” ujar mantan pelatih Arema FC itu.

Sejatinya bukan hanya Alberts yang berharap agar PSSI dan PT LIB untuk segera fokus mempersiapkan penyelenggaraan kompetisi musim baru, Liga 1 2021. Melainkan kebanyakan klub juga menginginkan hal tersebut.

Buktinya, dalam pertemuan antara PT LIB dan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 2020 pada Jumat (15/1/2021) lalu, hampir semua klub menginginkan agar Liga 1 2020 dihentikan total.