Kans Deden Natshir Kembali ke Skuad Persib Usai Alami Cedera Parah

Lebih dari setahun menepi karena cedera parah, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby tampak kembali berlatih di lapangan. Penjaga gawang Persib Bandung itu diketahui mengalami cedera patah tulang fibula dan tibia.

Cedera tersebut dialami Natshir kala Persib bersua Persija Jakarta dalam laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 10 Juli 2019. Akibatnya, Natshir absen membela Persib selama musim 2019.

Hampir dua tahun berlalu, kondisi Natshir pun semakin membaik. Cedera yang dialaminya perlahan pulih hingga kiper yang akrab disapa Deden itu sudah bisa kembali ke lapangan untuk berlatih.

Dalam beberapa pekan terakhir, Deden tampak berlatih intensif di bawah arahan pelatih kiper Persib, Luizinho Passos.

“Saya melakukan beberapa latihan spesifik bersama Deden, dia juga sudah menunjukkan respons yang bagus ketika mulai berlatih dengan bola. Dia menunjukkan perkembangan yang luar biasa,” kata Passos, Senin (18/01/2021).

“Saya juga tidak bisa lupa untuk mengucapkan selamat kepada fisioterapis, Beni, yang sudah memberikan penanganan yang bagus untuk pemulihan Deden,” kata dia.

Melihat kondisi Deden saat ini, Passos optimistis mantan pemain Arema FC itu bisa segera mencapai performa terbaiknya.

Meski begitu, Passos belum berani memberikan garansi kepada Deden bisa kembali menjadi pilihan utama di skuad Persib.

Menurut pelatih kiper asal Brasil itu, Deden masih harus bekerja keras untuk bisa kembali ke performa terbaiknya agar bisa kembali mendapatkan tempatnya di skuad Persib.

Passos percaya Deden bisa melakukan itu karena dia tahu bahwa Deden adalah kiper berkualitas.

Baca juga: Persib Tak Merasa Rugi bila Liga 1 2020 Dihentikan

“Saya percaya dengan berjalannya waktu, dengan berlanjutnya penanganan dari fisioterapis, latihan kekuatan di gym dan latihan spesifik, dia akan segera kembali mencapa performa terbaiknya,” kata Passos.

“Kembalinya dia (ke pertandingan) dan performanya itu semua bergantung pada bagaimana perkembangannya. Sejak masih bekerja sebagai pelatih kiper di Borneo, saya sudah mengetahui dia adalah kiper yang berkualitas dan juga berpengalaman,” kata dia.

Adapun fisioterapis Persib, Benidektus Adi Prianto, mengungkapkan, kondisi Deden sudah lebih baik dari sebelumnya. Bahkan, hampir bisa dikatakan Deden sudah pulih dari cedera.

Hanya, karena cedera yang dialami Deden cukup parah, dan memaksanya absen lama, Deden membutuhkan proses untuk bisa kembali ke performa terbaiknya.

Saat ini, Deden masih fokus pada proses adaptasi untuk bisa berlatih di lapangan.

“Kalau Deden, kondisinya relatif lebih bagus. Justru kami sudah melewati waktu yang cukup panjang, makanya sekarang Deden sudah mulai menjalani program latihan kiper secara intensif,” kata Beni.

“Artinya, dia sudah mulai berlatih drill, jump, tangkap, tembak, landing, kemudian kalau ada shooting dia ambil bola. Artinya kalau memang adaptasi itu sudah lewat, Deden sudah siap main karena memang prosesnya sudah cukup panjang pemulihannya,” ujar dia.