Piala Asia U-19 Batal, Pemain Timnas Indonesia U-19 Diminta Tetap Kerja Keras

Pembatalan Piala Asia U-19, jangan sampai memadamkan semangat. Pemain timnas Indonesia U-19 diminta tetap menjaga kondisi dengan menerapkan ilmu yang didapatkan dari pemusatan latihan (TC).

PSSI mendapatkan surat pembatalan Piala Asia U-19 dari konfederasi sepakbola Asia (AFC), kemarin (15/1). Penyebabnya, karena belum berakhirnya pandemi virus corona di hampir seluruh negara.

AFC belum menentukan waktu pasti penyelenggaraan Piala Asia U-19. Namun, yang jelas ajang tersebut akan digelar pada 2023 menggunakan nama baru, Piala Asia U-20 dengan hak tuan rumah diberikan kepada Uzbekistan.

Mayoritas pemain timnas Indonesia U-19 tidak bisa berpartisipasi karena umurnya sudah lewat. Padahal, pasukan Shin Tae-yong tersebut sudah melakukan persiapan matang.

“Saya harap pemain bisa lebih disiplin dalam menjaga asupan makanan. Mereka juga harus menjaga massa otot sehingga bisa siap saat kompetisi dijalankan,” kata asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto.

“Terus kerja keras dalam latihan karena kalau kompetisi berjalan mereka tetap dalam pantauan tim pelatih,” mantan pilar Persib Bandung tersebut menambahkan.

Sampai sekarang nasib Liga 1 2020 masih tidak jelas. Kompetisi sepakbola kasta teratas Tanah Air tersebut sudah terhenti sejak pertengahan Maret tahun lalu karena pandemi virus corona melanda Indonesia.

Rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), menggelar kembali Liga 1 pada Februari mendatang terancam pupus. Kepolisian Republik Indonesia (Polri), belum memberikan izin untuk melangsungkannya.

Masa depan kompetisi bakal diputuskan PSSI lewat rapat komite eksekutif (Exco), yang dilaksanakan bulan ini. Mayoritas klub meminta Liga 1 2020 tidak usah dilanjutkan kembali dan memulai musim baru.

Saat ini pemain timnas Indonesia U-19 sedang melakukan karantina mandiri di salah satu hotel di Jakarta. Hal tersebut sesuai dengan aturan pemerintah lantaran David Maulana dan kolega baru pulang dari TC Spanyol.

Semestinya TC timnas Indonesia U-19 di Spanyol, berakhir pada 31 Januari mendatang. Namun, dipercepat karena armada Merah Putih, tidak bisa melakoni uji coba akibat kembali tingginya kasus virus corona di negara tersebut.