Piala Asia Futsal 2020 Batal, Pelatih Timnas Futsal Indonesia Luapkan Isi Hati

Pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, mencurahkan isi hatinya pasca adanya pembatalan Piala Asia Futsal 2020.

AFC melalui Komite Kompetisi telah memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan Piala Asia Futsal 2020 pada Jumat (16/1/2021).

Kensuke Takahashi pun tak mampu menutupi kekecewaannya karena tim yang telah dipersiapkannya gagal tampil di Piala Asia Futsal 2020.

Tim pelatih, Kensuke Takahasi, dan para pemain memang telah bekerja keras bersama, agar timnas futsal Indonesia bisa sukses di Piala Asia Futsal 2020.

“Saya tidak dapat menemukan kata-kata ketika memikirkan perasaan para pemain dan staf yang telah melakukan upaya untuk tujuan ini,” katanya, dari satuinamedia.

Ia mengaku, sejak ditunjuk Federasi Futsal Indonesia (FFI) pada tahun 2018, ia memiliki impian besar bersama timnas Futsal Indonesia.

Salah satu motivasi yang ditanamkan Ken, sapaan akrab Kensuke Takahasi, kepada anak asuhnya ialah menggapai mimpi tampil di Piala Dunia Futsal 2021.

“Saat saya menjadi pelatih timnas pada 2018, saya selalu berkata, mari buat sejarah bersama! Ayo kita menjadi tim empat besar terbaik di Asia. Ayo kita ke Piala Dunia!,” ucapnya.

Sejak mengucapkan ambisi tersebut pada tiga tahun yang lalu, Ken pun melihat perkembangan timnas Futsal Indonesia yang sangat signifikan.

Kemampuan teknis maupun taktik anak asuhnya meningkat drastis. Target untuk berlaga di Piala Dunia Futsal 2021 pun disambut secara optimistis oleh seluruh pemain.

“Saya pikir, saya akan menjadi bagian dari tim yang dapat membuat sejarah di Piala AFC ini. Karena, saya merasa bahwa saya mendapat pemain dan tim yang cocok untuk pergi ke Piala Dunia,” katanya.

“Sayang sekali, kami tidak lagi memiliki kesempatan untuk menunjukkan perkembangan ini kepada semua orang di AFC,” pelatih asal Jepang itu menambahkan.

Ia pun tak kuasa membayangkan betapa kecewanya seluruh pemain beserta ofisial timnas futsal Indonesia saat mendengar kabar pembatalan Piala Asia Futsal 2020.

Sebab kabar ini sekaligus memupus benih-benih impian yang sejak lama ditanamkannya, kans timnas futsal Indonesia ke Piala Dunia Futsal 2021 menjadi abu-abu.

“Sangat menyedihkan bahwa peluang para pemain yang mencoba untuk membuat sejarah menjadi hilang,” ucap pelatih berusia 38 tahun tersebut.

“Saya pikir ada banyak pemain yang menghabiskan hidup mereka di turnamen ini. Sejujurnya, saya kecewa karena kami punya mimpi besar membawa timnas Futsal Indonesia ke Piala Dunia,” ia menjelaskan.

Meski demikian, mantan pemain timnas Jepang itu tidak akan begitu saja meninggalkan pekerjaannya bersama skuad Merah Putih.

Dia juga turut memberikan apresiasi terhadap kerja keras yang selama ini ditunjukkan para pemain maupun ofisial di timnas Futsal Indonesia

“Betapa pun menyakitkan hal itu, saya tidak akan pernah lari dan tidak pernah lupa bahwa para pemain dan staf telah bekerja untuk mewujudkan impian besar ini,” kata Kensuke Takahasi.

Pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi (kanan) dalam sesi pemusatan latihan timnas futsal Indonesia di Surabaya, Kamis (14/10/2020).

“Kabar duka terus berlanjut dan hari-hari sulit terus berlanjut, tapi saya berharap para pemain, staf, dan masyarakat Indonesia yang mencintai futsal akan tersenyum dan kembali ke kehidupan sehari-hari,” ia memungkasi.

Piala Asia Futsal 2020 sejatinya bakal bergulir 23 Maret sampai 3 April 2021. Ini merupakan edisi yang ke-16 sekaligus menjadi babak kualifikasi Piala Dunia Futsal 2021.

Lima tim teratas di Piala Asia Futsal 2020 akan menjadi wakil Asia di Piala Dunia Futsal 2021 yang berlangsung di Lithuania.