Kompetisi Vakum, Dua Bintang Persipura Terbitkan Buku

Dua pemain pilar Persipura Jayapura, Boaz Solossa dan Yustinus Pae mencoba merintis pekerjaan sampingan mereka sebagai penulis. Keduanya mulai menerbitkan buku di tengah pandemi Covid-19.

Ada dua buku yang sudah tuntas ditulis oleh kedua bintang Persipura ini. Buku yang pertama berjudul “Pemuda Bola, Semangat Sepakbola Papua” dan buku kedua sebuah bunga rampai “Pemuda-Gerakan-Bola Pengusaha-Bijak”. Karya mereka itu sudah siap edar ke publik dan dalam waktu dekat akan diluncurkan.

Timnas Indonesia U-19 TC di Spanyol Bawa Kabar Kejutan, Kento dan Kevin Positif Corona Jadi Sorotan

Dua buku tersebut tak dikerjakan sendirian. Mereka dibantu oleh seorang pengusaha muda yang juga seorang penulis indie asal Bandung, Saepul Sambas.

Bochi dan Tipa, sapaan akrab kedua bintang tim Mutiara Hitam itu, memutuskan untuk menggeluti dunia literasi karena ingin mencoba tantangan yang berbeda.

Tapi, apa yang dilakukan oleh keduanya itu bukan untuk mencari keuntungan materi, melainkan untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda Papua dan juga ingin membuat sesuatu yang bisa dibanggakan hingga hari tua.

“Kita tertarik untuk terjun ke dunia ini karena ingin membuat sesuatu yang bisa di ceritakan sampai nanti kita pensiun. Berkaca pada pendahulu kita, setelah mereka pensiun mereka juga perlahan mulai dilupakan. Tapi dengan membuat karya dalam bentuk buku bisa menjadi warisan untuk generasi muda kita,” ujar Tipa kepada awak media olahraga INDOSPORT, Minggu (17/01/21).

“Selain itu, dengan buku ini kita juga berharap bisa memberikan inspirasi kepada generasi muda, dan juga meningkatkan minat baca. Karena dengan membaca akan membentuk karakter,” tambahnya.

Hal yang sama juga dituturkan oleh kapten Persipura, Bochi. Ia mengaku tertarik untuk menulis buku bareng Tipa dan Saepul Sambas karena ingin tetap berkarya meskipun di tengah ketidakpastian kompetisi akibat pandemic.

Selain itu, Bochi juga ingin mencoba peruntungannya di dunia yang berbeda.

“Saya tertarik karena setelah saya lihat di Indonesia ini baru Bambang Pamungkas saja yang pernah menerbitkan buku. Ini hal yang positif dan belum pernah dilakukan oleh pemain sepakbola di Papua. Jadi saya percaya dan saya pikir maju saja. Apa yang kita lakukan ini juga untuk meningkatkan minat baca bagi generasi muda,” sambung Bochi.

Saepul Sambas yang membantu pengerjaan buku yang ditulis oleh Bochi dan Tipa menuturkan, apa yang telah dilakukan oleh dua bintang Persipura itu membuktikan kepada publik bahwa meski di tengah pandemic mereka masih bisa berkarya.

“Dengan adanya karya ini, keduanya seolah ingin membuktikan kepada publik bahwa dengan ketiadaan kompetisi bukan harus berhenti berkarya. Banyak hal positif yang bisa diambil dari sini,” ujar Saepul.

Rencananya, buku yang ditulis oleh Bochi dan Tipa ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Mereka juga akan mendistribusikan langsung buku mereka di 29 kabupaten kota di Papua. Mereka berharap karya mereka ini bisa diterima di seluruh Indonesia dan mereka menargetkan pendistribusian sebanyak 87.000 buku untuk satu edisi.