Komentar Pelatih Bali United Stefano Cugurra soal Polemik Vaksin di Indonesia

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, angkat bicara perihal polemik vaksin Covid-19 yang belakangan hangat diperbincangan di Indonesia.

Stefano Cugurra berharap, vaksin sinovac yang secara resmi telah digunakan di Indonesia sejak Rabu (13/1/2021), bisa menjadi solusi untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Sebab, sejak pandemi itu mulai muncul di Indonesia pada Maret tahun lalu, sepak bola nasional menjadi mati suri dan Bali United tak bisa berlaga.

Tak ada kompetisi yang bisa digulirkan. Segala persiapan untuk melanjutkan Liga 1 2020, namun pihak kepolisian tak juga memberikan izinnya.

Oleh karena itu, Stefano Cugurra berharap kehadiran vaksin Covid-19 ini bisa menjadi angin segar bagi dunia sepak bola Indonesia.

“Semoga vaksin itu benar-benar menjadi solusi buat masalah situasi saat ini,” ucap pelatih asal Brasil itu kata Stefano Cugurra, dari laman resmi Bali United.

“Mudah-mudahan, bukan hanya untuk sepak bola, tapi juga untuk semua hidup masyarakat agar lebih aman,” ia melanjutkan.

Meski demikian, pelatih yang akrab disapa Teco itu juga berharap vaksin yang diberikan kepada masyarakat merupakan vaksin yang memang berkualitas.

Selain itu, ia sebetulnya juga menyadari bahwa kehadiran vaksin bukan solusi tunggal untuk menghentikan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebab, bagaimanapun juga, protokol kesehatan tetap harus dijalankan meskipun vaksin sudah mulai diberikan kepada masyarakat.

Karenanya Teco berharap, setelah vaksin diterima, kompetisi sepak bola tetap menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar.

“Namun, beberapa negara selain Indonesia sudah menggulirkan kompetisi sepak bola tanpa adanya vaksin. Mereka menjalankan protokol kesehatan yang bagus,” ucapnya.

“Jika Indonesia bisa menerima vaksin yang bagus, tentu kompetisi bisa berjalan kembali dengan protokol kesehatan yang baik,” Stefano Cugurra memungkasi.