Piala Asia U-16 & Piala Asia U-19 Resmi Dibatalkan AFC

Konfederasi sepakbola Asia (AFC), secara resmi membatalkan perhelatan Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19. Kepastian tersebut disampaikan lewat surat yang terima PSSI, Jumat (15/1).

Belum berakhirnya pandemi virus corona di hampir seluruh negara yang menjadi landasan AFC, mengambil keputusan tersebut. AFC juga membatalkan kompetisi sepakbola wanita, futsal dan sepakbola pantai.

Semula Piala Asia U-16 bakal dilaksanakan di Bahrain pada November 2021 mendatang. Timnas Indonesia U-16 menempati Grup D bersama dengan Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Sementara Piala Asia U-19, semestinya dihelat di Uzbekistan, Oktober 2021. Pada ajang tersebut timnas Indonesia U-19 menduduki Grup A, bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

AFC belum menentukan waktu pasti penyelenggaraan Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19. Namun, yang jelas kedua ajang tersebut akan digelar pada 2023 dengan nama kompetisi yang baru, yakni AFC U-20 Asian Cup 2023 dan AFC U-17 Asian Cup 2023 dengan hak tuan rumah diberikan kepada Uzbekistan dan Bahrain.

Keputusan AFC membatalkan Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19, dihormati ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. Menurutnya, ada hikmah yang bisa diambil dari ketetapan tersebut.

“PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apa pun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-16 dan timnas Indonesia U-19,” kata Iriawan dikutip laman resmi PSSI.

Pembatalan tersebut membuat persiapan yang sudah dilakukan timnas Indonesia U-16 dan timnas Indonesia U-19, menjadi sia-sia. Mayoritas pemain yang sudah berlatih keras tidak bisa bermain pada 2023 karena umurnya sudah lewat.

Padahal, timnas Indonesia U-16 dan timnas Indonesia U-19 sudah melakukan persiapan secara matang. Bahkan, timnas Indonesia U-19 dua kali menggelar pemusatan latihan (TC) di Eropa.

Pertama timnas Indonesia U-19, melaksanakan TC di Kroasia. Setelah itu, pasukan Shin Tae-yong tersebut terbang ke Spanyol, dan baru tiba di Tanah Air, kemarin (14/1).

Semestinya TC timnas Indonesia U-19 di Spanyol, berakhir pada 31 Januari mendatang. Namun, dipercepat karena David Maulana dan kolega, tidak bisa melakoni uji coba akibat kembali tingginya kasus virus corona di negara tersebut.