Nick Kuipers Buka-bukaan dengan Marc Klok: Merasa Indonesia Terlalu Jauh Sebelum Gabung Persib

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers, buka-bukaan mengenai ceritanya bisa bergabung bersama Maung Bandung pada 2019. Bicara kepada kompatriotnya yang membela Persija Jakarta, Marc Klok, Nick Kuipers mengaku sempat berpikir enggan bergabung dengan Persib karena merasa Indonesia terlalu jauh.

Nick Kuipers bergabung bersama Persib Bandung pada putaran kedua Liga 1 2019. Pemain asal Belanda itu datang bersama kompatriotnya Kevin van Kippersluis dan Omid Nazari asal Iran. Kevin dan Omid kemudian bertahan di Persib untuk kompetisi Shopee Liga 1 2020 yang kemudian terhenti lantaran COVID-19.

Dalam channel youtube milik gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, Nick Kuipers berbagi cerita mengenai keputusannya bergabung dengan Persib. Ia mengaku sempat enggan datang ke Indonesia karena merasa terlalu jauh.

“Saat itu yang pertama saya katakan adalah tidak mau ke Indonesia karena itu terlalu jauh. Tapi, saya kemudian menonton video youtube tentang klub ini dan saya melihat ini adalah klub yang besar dan atmosfer sepak bola Indonesia dan suporter nya luar biasa,” ujar Nick Kuipers.

“Saya juga melihat Anda dalam serial Paradise Footballers di TV Belanda, dan sepertinya luar biasa, atmosfer yang bagus di stadion. Jadi saya memikirkannya lagi,” lanjutnya.

Ketika ditanya apa yang membuatnya berubah pikiran dan benar-benar datang ke Indonesia untuk bergabung bersama Persib, Nick mengaku pilihan itu diambil demi kebaikannya sendiri dalam karier sepak bolanya.

“Saya membuat pilihan ke Indonesia untuk saya sendiri. Sesuatu yang istimewa bagi saya. Ini negara yang luar biasa di mana orang-orang datang ke sini untuk berlibur. Bahkan mereka memiliki segalanya untuk menjadi negara sepak bola,” ujar bek Persib Bandung itu.

Nick Kuipers kini masih setia menunggu kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 yang masih belum ada kepastiannya. Sembari mengurus bisnis kuliner yang dibangunnya di Indonesia, pemain asal Belanda itu berharap kondisi pandemi COVID-19 bisa mereda dan kompetisi bisa berjalan lagi.

Nick Kuipers tampaknya tak ingin buru-buru meninggalkan Indonesia. Sudah terlanjur jatuh hati dengan sepak bola Indonesia, pemain berusia 28 tahun itu punya mimpi bersama Persib Bandung.

“Saya ingin menjadi juara di Indonesia. Jadi saya pikir itu impian saya sekarang,” ujar Nick.

“Kemudian saya juga ingin bermain di Piala AFC, karena itu adalah level yang selanjutnya. Saya tentu juga ingin bermain di Liga Champions Asia, tapi saya tidak tahu apakah wakil Indonesia bisa langsung tampil di sana,” lanjutnya.