TC Timnas U-19 Indonesia Rampung Lebih Cepat, Shin Tae-yong Segera Alihkan Fokus ke Timnas Senior

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong segera mengalihkan fokus ke timnas senior begitu TC Garuda Nusantara rampung lebih cepat pada Selasa (12/1/2021).

PSSI resmi merilis keputusan untuk memulangkan timnas U-19 Indonesia di Spanyol lebih cepat dari yang sudah dijadwalkan.

Pemusatan latihan (TC) timnas U-19 Indonesia sebelumnya direncanakan berlangsung hingga 31 Januari 2021.

Namun, timnas U-19 Indonesia dipastikan akan pulang ke Indonesia dari Negeri Matador itu pada Rabu (13/1/2021).

“Kami akhirnya memulangkan timnas U-19 lebih cepat,” ucap Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi dilansir Bolasport.com dari laman resmi PSSI.

“Hal ini karena timnas U-19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan.”

“Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri,” tambahnya.

Adapun timnas U-19 Indonesia gagal melakukan uji tanding melawan tim lain.

Mereka hanya melakukan 2 kali gim internal.

“Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat karena Spanyol pandemi Covid-19’nya masih tinggi,” tutur Yunus.

“Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol.”

“PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol,” tambahnya.

Dengan datangnya kabar ini, maka dipastikan Shin Tae-yong akan beralih fokus ke timnas senior.

Timnas Indonesia memiliki agenda pertandingan terdekat yakni Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan dilaksanakan pada Maret 2021.

Rencana ini telah dipaparkan terlebih dulu oleh Yunus Nusi saat melakoni wawancara dengan Kompas TV beberapa waktu lalu.

Bahkan Yunus menyebut bahwa ada rencana untuk mengumpulkan para pemain senior kembali untuk persiapan sisa 3 laga Kualifikasi Piala Dunia 2021.

“Kita punya rencana untuk senior dalam rangka lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang masih tiga gim itu,” ucap Yunus Nusi seperti Bolasport.com lihat dari Kompas TV.

“Kita usahakan sudah bisa TC untuk persiapan itu.”

“Shin Tae-yong sudah meminta untuk segera juga TC untuk senior dalam persiapan lanjutan pra-Piala Dunia,” katanya.

Shin Tae-yong sendiri sudah pernah mengadakan TC para pemain timnas U-22 Indonesia dan timnas senior pada Desember 2020 lalu selama 2 pekan.

Kemungkinan pelatih asal Korea Selatan itu juga akan mempromosikan beberapa pemain di skuat timnas U-19 Indonesia saat ini, seperti yang ia katakan beberapa waktu lalu.

“Sangat disayangkan para pemain timnas U-19 Indonesia tak akan bisa berlaga di 2023,” kata Shin Tae-yong dikutip BolaSport.com dari Chosun.

“Beberapa dari pemain berprestasi ini bisa dipilih sebagai timnas U-23 atau timnas Indonesia (senior).”

“Saya sudah memperkirakannya dan sudah bersiap untuk itu (batalnya Piala Dunia U-20),” tambahnya.