Robert Alberts Optimistis Akademi Persib Akan Bersinar pada Piala Dunia U-20 2023

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, optimistis dengan program pembinaan usia dini yang dilakukan timnya.

Robert meyakini, program pembinaan usia dini Persib Bandung juga akan menjadi penyuplai pemain-pemain untuk timnas Indonesia di masa mendatang.

Salah satu ajang terbesar yang berpeluang untuk diikuti pemain muda binaan Persib ialah Piala Dunia U-20.

Sebab, kejuaraan tersebut sempat mengalami penundaan dan digeser menjadi tahun 2023 akibat pandemi Covid-19.

Apabila merujuk pada regulasi usia pemain pada Piala Dunia U-20 2023 nanti, mayoritas pemain timnas U-19 saat ini sudah tak bisa lagi ambil bagian.

Kemungkinan besar, pemain-pemain yang akan digunakan timnas U-19 Indonesia berasal dari timnas U-16 generasi saat ini.

Namun demikian, hal itu tak menutup kemungkinan bagi pemain-pemain lainnya, termasuk yang kini berlatih bersama diklat dan akademi, untuk menembus timnas U-20 yang akan diterjunkan pada Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang.

Jika melihat kerja keras Persib Bandung dalam mengembangkan diklat dan akademi di berbagai daerah, Robert yakni tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu akan mengirim pemain untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Saya sangat yakin dan positif dengan rencana Persib sepanjang tahun didukung tradisi kuat di Bandung dan Jawa Barat akan terus menciptakan pemain untuk timnas U-19, U-20, dan lainnya,” kata Robert, dikutip dari laman resmi klub.

“Karena memang pembinaan yang dilakukan punya kualitas dan dedikasi, termasuk dari para pelatih mudanya,” Robert menambahkan.

Selain itu pula, pelatih berusia 66 tahun itu menyebut bahwa pembinaan pemain muda yang dilakukan Persib saat ini tak hanya bermanfaat untuk kepentingan timnas Indonesia.

Namun, suatu saat tim Persib Bandung sendiri bisa memetik berkah dari program pembinaan pemain muda pada masa mendatang.

“Kami sudah punya beberapa pemain muda di Persib yang dibangun di diklat sebagai wadah pengembangan pemain muda,” kata eks-pelatih PSM Makassar itu.

“Pengembangan itu menghasilkan tim elite yang tentu saja di masa depan juga akan membangun Persib ini sendiri,” ujarnya. (Skor id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.