Anang Ma’ruf Kenang Momen Juara Liga Indonesia 2001 Bersama Persija Jakarta

Mantan pemain Timnas Indonesia di era 1990-an hingga awal 2000-an, Anang Ma’ruf bercerita soal kenangannya kala memperkuat Persija Jakarta. Anang merupakan bagian dari skuat Macan Kemayoran ketika menjadi juara Liga Indonesia 2001.

Sebelum kedatangan Aples Tecuari hingga Ismed Sofyan, posisi bek kanan Persija mutlak menjadi milik Anang Ma’ruf.

Selain punya kemampuan bertahan yang sangat baik, Anang juga dibekali kecepatan hingga crossing yang begitu memanjakan para penyerang Persija kala itu.

Gelar juara Liga Indonesia 2001 pun jadi momen pembuktian kehebatan Anang saat berseragam oranye khas tim kebanggaan ibu kota ketika itu.

Bagi Anang, keberhasilan merebut gelar juara Liga Indonesia 2001 bersama Persija merupakan salah satu momen terbaiknya sebagai pesepak bola.

“Tentunya jadi memori yang indah ketika kita berhasil membawa juara. Selalu indah kalau kita ingat-ingat kembali saat itu. Bagi saya kondisi saat itu tidak bisa terlupakan,” ujar Anang.

Anang kemudian menceritakan bagaimana sengitnya partai final Liga Indonesia 2001 yang mempertemukan Persija dengan PSM Makassar.

Menurut Anang, PSM ketika itu merupakan tim yang tidak kalah berkualitas karena diperkuat deretan bintang tim nasional seperti Hendro Kartiko, Bima Sakti hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

“Para pemain saat melawan PSM tampil bagus luar biasa dan kami sukses memenangkan dan berhasil membawa Persija jadi juara. Sekali lagi, perasaan yang luar biasa kami bisa menang di laga final,” ujarnya.

Menariknya, Anang tidak hanya mampu meraih gelar juara bersama Persija, melainkan juga dengan Persebaya Surabaya.

Bahkan di tim berjulukan Bajul Ijo itu Anang sukses memberikan dua gelar juara, yaitu pada musim 1997 dan 2004.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.