Tak Langsung Tangani Timnas U-19 di Spanyol, Shin Tae-Yong Bertahan dulu di Jakarta Urus Timnas U-23

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong tak ikut dalam rombongan tim yang berangkat ke Spanyol guna melangsungkan pemusatan latihan.

Para pemain Timnas U-19 dilepas dari Hotel Fairmont, Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Sabtu (26/12) sore WIB.

Shin Tae Yong beserta dengan lima asisten pelatih lainnya asal Korea Selatan tetap bertahan di Jakarta. Timnas U-19 pun didampingi pelatih lokal seperti Nova Arianto, Alex Aldha Yudi, dan Sahari Gultom.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi menjelaskan alasan kenapa Shin dan beberapa asistenya tak ikut dalam lawatan ke Spanyol.

“Ya, kemarin ada perubahan karena ada rilis FIFA mengenai Piala Dunia U-20 ditunda,” buka Yunus Nusi kepada wartawan yang hadir termasuk Bolalob.

“Pelatih Shin Tae Yong berdiskusi dengan kita (direktur Teknik Indra Sjafri) dan beliau akan fokus dengan latihan Timnas u-23. Setelah selesai dengan tim ini dirinya baru akan menyusul ke Spanyol,” ujarnya.

Yunus Nusi menambahkan para pemain Timnas U-19 akan sepenuhnya fokus ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan bulan Maret mendatang, usai penundaan Piala Dunia U-20.

“PSSI dan pelatih ingin menjaga mental dan psikologis para pemain. PSSI tetap bertanggung jawab untuk perkembangan mereka. Para pemain Timnas U-19 akan menjadi cikal bakal skuat timnas senior di masa mendatang,” papar Yunus Nusi.

Sebelumnya Shin Tae Yong memanggil 30 pemain ke Jakarta guna melangsungkann pemusatan latihan Timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2021 mendatang di Hanoi.

Selain itu Shin juga menyertakan beberapa nama senior dalam kesempatan tersebut.