Mengenal Rizky Faidan, Juara IFeL 2020 dari PSS Sleman

Kompetisi esports Indonesian Football e-League (IFeL) yang rampung November lalu, memunculkan nama Rizky Faidan dari PSS Sleman. Dia pun bicara soal kemenangannya.

Pro Evolution Soccer Indonesian Football e-League adalah kompetisi Liga1 Virtual Football yang melibatkan perwakilan Klub Liga 1 Indonesia. Masing-masing klub direpresentasikan oleh Profesional Player Indonesia.

Rizky Faidan dari PSS Sleman keluar sebagai juara setelah mengalahkan Arema FC. Belum lama ini, Faidan menyambangi Omah PSS Sleman yang baru saja diresmikan untuk menyerahkan piala IFeLnya kepada pihak manajemen PT PSS. Di sana, Faidan juga turut berbicara perihal kemenangannya.

“Terima kasih kepada pihak manajemen yang sudah memberi kepercayaan kepada saya untuk menjadi wakil dari PSS Sleman. Alhamdulillah saya bisa membayar kepercayaan yang diberikan,” tutur Faidan dalam akun Youtube Indonesian Football e-League, seperti dilihat Sabtu (19/12/2020).

Tak hanya itu, Faidan juga menaruh harapan besar kepada kepada PSS Sleman agar ke depan semakin lebih baik dan bisa menjuarai Liga 1 Indonesia. Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, inilah sosol Rizky Faidan sebagai atlet esports:

Sebelumnya, total 10 tim dari kontestan Liga 1 2020 turut berpartisipasi dalam IFeL 2020. Antara lain ada Persija Jakarta, PS Sleman, Borneo FC, Persik Kediri, Barito Putera, Persita Tangerang, Arema FC, PSIS Semarang, PSM Makassar, dan Madura United.

Dari total 18 pertandingan, Rizky Faidan hanya mampu finish di posisi 4 klasemen akhir dengan catatan 8 kemenangan, 5 imbang, dan 5 kalah. Namun, hasil itu cukup untuk mengantarkan Faidan lolos ke babak Grand Final 8 besar dan menang di laga final mengalahkan Arema FC.

Pada tahu 2019, publik e-sports Indonesia dibuat terkejut setelah Rizky Faidan yang saat itu berumur 16 tahun lolos ke babak final kejuaraan dunia Pro Evolution Soccer (PES) di Emirates Stadium, London, Inggris.

Dengan prestasinya, Faidan memutuskan untuk hijrah ke Thailand akhir 2019 dan bergabung dengan tim esports Buriram United. Tak tanggung-tanggung, bersama tim berjulukan The Thunder Castles tersebut Faidan berhasil menjuarai gelaran Toyota E-League.

Usai dari PSS Sleman, dikabarkan Faidan akan kembali ke Thailand bersama Buriram United untuk fokus berlatih menyongsong kompetisi Liga Thailand tahun depan.