SPFA Memetik Pengalaman Berharga dari Timnas Pelajar Indonesia U-16

Safin Pati Football Academy (SPFA) menjajal kemampuan anak didiknya dengan beruji coba melawan Timnas pelajar Indonesia U-16 yang diasuh Rochi Putiray. SSB R2 Solo juga ikut menyemarakkan turnamen segitiga dengan tuan rumah SPFA, Kamis-Jumat (10-11/12/2020).

Dua pertandingan pertama mempertemukan Timnas Pelajar U-16 yang berakhir 0-4 untuk kemenangan tim asuhan Rochi Putiray. Sedangkan di laga kedua, SPFA di bawah naungan pelatih Kas Hartadi menang 1-0 atas R2 Solo lewat gol tunggal Apriyanto Nurdin.

Kemudian pada pertandingan kedua, giliran SPFA mendapat pelajaran berharga dengan menyerah 0-2 dari Timnas Pelajar U-16. Bagi SPFA, turnamen segitiga ini cukup bermanfaat. Terlebih menjajal kekuatan Timnas pelajar Indonesia U-16 yang dipersiapkan untuk menghadapi IBERCUP Elite di Estoril, Portugal.

“Kehadiran Timnas Pelajar yang bertanding ini tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi kami SPFA. Harapannya tentu saja ini akan jadi cikal bakal pemain nasional dari SPFA,” beber pendiri SPFA, Saiful Arifin, Jumat (11/12/2020).

Selain itu, kehadiran sosok pelatih dan asisten pelatih Timnas Pelajar yakni Rochi Putiray dan Aples Gideon Tecuari, dapat lebih memacu para siswa di akademi SPFA. Keduanya merupakan mantan pemain Timnas dengan nama besar dan punya segudang pengalaman.

Persiapan ke Portugal

Pelatih kepala Timnas Pelajar U-16, Rochi Putiray berharap skuadnya mempelajari pengalaman yang didapat selama menjalani uji coba di Pati. Termasuk meski mampu menang di dua laga pada turnamen selama dua hari. Ia meminta anak asuhnya tidak boleh berpuas diri.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, skuadnya terus mengasah persiapan. Sejauh ini eks bintang Arseto dan Persija tersebut menilai persiapan menuju kejuaraan di Portugal mencapai 70 persen.

Setelah berlatih tanding di Pati, Timnas U-16 ini akan melanjutkan agendanya ke Semarang, Magelang, Malang, dan terakhir di Bali. Timnas Pelajar U-16 bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menghadapi turnamen IBERCUP Elite di Estoril, Portugal pada bulan April 2021.

“Kami sudah punya gambaran untuk daftar starting line up di Portugal nanti. Yang pasti, kita juga sudah mengarahkan tiap pemain untuk dapat bermain di lebih dari satu posisi,” jelas Rochi Putiray.