Brylian Aldama Dikenalkan ke HNK Rijeka Sebelum Timnas U-19 Indonesia TC di Kroasia

Ternyata di balik cerita bergabungnya Brylian Aldama ke HNK Rijeka bukan bermula dari pemusatan latihan (TC) timnas U-19 Indonesia di Kroasia.

Gabungnya pemain timnas U-19 Indonesia, Brylian Aldama dengan klub asal Kroasia, HNK Rijeka diketahui memang melalui pihak Garuda Select.

Brylian Aldama memang turut bergabung dalam program Garuda Select jilid I dan II.

Setelah itu, ternyata pemilik Garuda Select, Mirwan Suwarso, mengatakan bahwa pihaknya tak akan diam saja saat mengetahui ada pemain yang memiliki bakat bagus.

Sehingga ketika mengetahui pemain yang memiliki bakat dan dianggap siap naik kelas langsung direkomendasikan ke klub-klub yang ada di Eropa.

Pemain-pemain tersebut seperti Brylian Aldama dan Amiruddin Bagus Kahfi yang juga saat ini tengah melakukan prosesnya untuk transfer ke Jong Utrecht.

“Bagi pemain yang sudah kami anggap siap naik kelas, maka kami akan menghubungi relasi-relasi kami yang mau memberikan kesempatan yang sudah kami jamin kualitasnya,” kata Mirwan Suwarno kepada BolaSport.com, Kamis (3/12/2020).

“Jadi kami hanya menjamin saja, bahwa pemain ini bisa bagus kalau dibina dengan benar. Setelah itu masing-masing klub dan direktur tekniknya yang akan menilai sendiri, lalu setelah itu mereka sendiri yang langsung memberikan tawaran ke pemain,” ucapnya.

Tetapi, Mirwan mengatakan tak meutup kemungkinan bahwa Brylian Aldama juga dipantau saat menjalani timnas U-19 Indonesia menjalani TC di Kroasia.

Apalagi saat itu, Brylian Aldama juga dipercaya pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong untuk memperkuat tim saat menjalani uji coba dengan tim lokal ataupun tim Asia lainnya.

Mirwan Suwarso mengaku bahwa pihaknya sepenuhnya tak ikut otak atik terkait di timnas U-19 Indonesia.

Sebab pihaknya sudah merekomendasikan Brylian Aldama setelah Garuda Select berakhir Maret lalu.

“Mungkin bisa saja saat di timnas U-19 Indonesia itu. Tapi kami tidak ikut di situ ya,” ujar Mirwan.

“Pokoknya dari kami, setelah program Garuda Select selesai ya pemain yang kami anggap layak untuk di rekomendasikan ya kami beri rekomendasi dan itu kami kirimkan ke klub-klub yang kami kenal,” katanya.

Sehingga tak hanya HNK Rijeka saja yang mendapat rekomendasi soal Brylian Aldama.

Namun, setelah diberi rekomendasi tersebut, Mirwan mengatakan terkait prosesnya semua tergantung dari klub masing-masing dan ia tak tau terkait itu, memantau langsung atau bagaimana prosesnya.

“Lalu setelah itu ya terserah klubnya bagaimana. Kalau seperti di tempat kerja itu kami hanya bisa memberi rekomendasi orang terbaik dan yang layak saja,” tuturnya.

Dengan ini, tentu bisa diketahui bahwa Brylian Aldama dikenalkan lebih dulu dan saat timnas U-19 Indonesia TC di Kroasia menjadi bonus untuk HNK Rijeka karena bisa memantau langsung kemampuan pemain berusia 18 tahun tersebut.