Kabomania Minta Polri Pastikan Perizinan Shopee Liga 1 2020

Kelompok suporter Tira Persikabo, Kabomania, berharap pihak kemananan dalam hal ini Polri, membuat aturan jelas agar tida terjadi multi tafsir soal perizinan Shopee Liga 1 2020. Hal itu disampaikan Ketua Harian Kabomania, Heri Khaeruman.

Apa yang disampaikan Heri itu untuk menyikapi ketidak jelasan kompetisi Shopee Liga 1 yang harus tertunda beberapa kali.

“Kalau seandainya alasan yang di sampaikan berkaitan dengan masalah pandemi, kenapa di pihak yang lain seolah terjadi pembiaran dalam hal kerumunan massa?” Kata Heri kepada Bola.com, Sabtu (28/11/2020).

“Kalau alasan yang sampaikan berkaitan dengan masalah terbatasnya personil pengamanan karena tersedot ke hal yang lain, dari awal sudah di sampaikan bahwa pertandingan dilaksanakan tanpa penonton dan kami selaku supporter siap mengikuti aturan tersebut,” tambahnya.

Pria berkacamata ini tak menutup mata, terhentinya kompetisi hingga berbulan-bulan, telah membuat sulit ekonomi beberapa kalangan, terutama pelaku Usaha Kelas Menengah Kebawah (UKMK).

“Tentunya mematikan roda ekonomi yang selama ini terlibat dalam setiap pertandingan. Seperti pedagang makanan maupun minuman, pedagang merchandise yang selalu menghiasi di setiap stadion. Dan tentunya mengurangi pemasukan untuk fanshop-fanshop karena dampak dari terhentinya Liga 1,” ujarnya.

Demi kelangsungan ekonomi, Heri berharap pihak terkait untuk segera memberikan akses izin penyelengaraan kompetisi. Ia berharap PSSI dan Polri benar-bemar bisa duduk bersama dalam mencari solusi.

“Kompetisi bisa Segera bergulir agar roda perekonomian bisa hidup kembali. Dan kepada pihak-pihak terkait, baik itu pengelola liga maupun keamanan bisa segera duduk bersama agar ada kepastian mengenai jadwal kompetisi,” ujarnya.

“Ingat bapak-bapak, sepak bola itu adalah hiburan rakyat yang paling mendasar. Jadi tolong secepatnya berikan kepastian,” tegas Heri.