Ranking FIFA November 2020: Tanpa Pertandingan, Indonesia Stagnan tapi Malaysia Naik Satu Peringkat

Ranking FIFA terbaru resmi dirilis pada Kamis (26/11/2020), Malaysia bergerak satu anak tangga.

FIFA resmi merilis ranking terbaru pada Kamis (26/11/2020) melalui laman resmi mereka.

Negara-negara Eropa yang tampil di UEFA Nations League pada November ini, banyak mengalami perubahan posisi.

Pun demikian dengan tim dari Afrika yang menjalani lanjutan Kualifikasi Piala Afrika pada awal bulan ini.

Sementara di Benua Asia yang mayoritas negara tak menggelar agenda internasional terlihat lebih adem ayem di ranking FIFA.

Malaysia yang tak menjalani laga internasional pada bulan ini justru naik satu peringkat dari ranking FIFA terdahulu. Kini tim Harimau Malaya menduduki posisi ke-153.

Peningkatan ranking timnas Malaysia disebabkan karena pesaing terdekatnya, Eswatini (negara dari Afrika), menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang di Kualifikasi Piala Afrika.

Eswatini yang bulan lalu mendapatkan poin 1.042 kini berkurang dua poin menjadi 1.040. Poin tersebut setara dengan Malaysia. Namun tim Negeri Jiran berhak berada di atas.

Di lain sisi, ranking timnas Indonesia tak mengalami perubahan. Tim Garuda stagnan di tangga ke-173.

Timnas Indonesia berselisih satu poin dari Mauritius yang berada di posisi 172 dengan 965 poin. Di bawah Indonesia, ada Kamboja dengan perolehan poin sama yakni 964.

Indonesia menempati peringkat kelima terbawah di kalangan negara-negara ASEAN. Selain Kamboja, hanya Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste yang poinnya lebih rendah daripada Indonesia.

Vietnam dan Thailand yang sama-sama naik peringkat karena hasil negara lain pada ranking FIFA kali ini, menjadi dua negara ASEAN dengan peringkat terbaik.

Vietnam di posisi ke-93 dengan 1.258 poin, sedangkan Thailand menempati posisi ke-111 dengan 1.178 angka.