Kembali Perpanjang Masa Libur, Arema FC Akan Berspekulasi di Akhir Tahun

Arema FC resmi menunda program latihan lagi yang sebelumnya dijadwalkan pada 30 November sebagai persiapan turnamen antarklub Jawa Timur pada Januari 2021. Namun, karena turnamen itu belum ada kejelasan, manajemen Arema menunda latihan lagi sampai pertengahan Desember.

“Sampai saat ini belum ada informasi apapun kepada Arema (terkait turnamen di Jatim). Jadi latihan mundur Desember,” kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Sebenarnya Arema berharap turnamen itu jadi digelar. Tujuannya untuk menguji tim sekaligus evaluasi kinerja pelatih Carlos Oliveira yang kontraknya berakhir Februari 2021.

Saat latihan Desember mendatang, Ruddy mengakui jika persiapan yang dilakukan juga berbau spekulasi. Meskipun PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi dan PSSI sudah memutuskan melanjutkan Liga 1 dan 2 pada Februari 2021.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada garansi dari Kepolisian. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Liga 1 yang siap dilanjutkan 1 Oktober dibatalkan tiga hari menjelang kick off karena Kepolisian tidak mengeluarkan ijin. Alasan pandemi virus corona dan persiapan Pilkada yang membuat ijin pertandingan Liga 1 dan 2 dan dikeluarkan.

“Arema FC akan berkomunikasi dengan direksi terkait persiapan Desember ini. Kalau saya sendiri ini jadi spekulasi. Kalau sudah latihan tapi kompetisi tidak jalan, itu jadi risiko. Daripada terlanjur tidak latihan, ternyata kompetisi jadi digelar,” terangnya.

Tim pelatih dan pemain Arema saat ini sudah mendapatkan informasi jika latihan 30 November harus mundur sampai Desember. Mereka memahami jika saat ini semua serba tidak pasti dalam sepakbola Indonesia.

“Ya, kami sudah dapatkan kabar kalau latihan mundur lagi. Sekarang kami menunggu saja,” kata asisten pelatih Arema, Kuncoro.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Arema menunda latihan. Setelah meliburkan sesi latihan sejak 30 Oktober, pelatih Carlos Oliveira mengumumkan latihan kembali diputar pada 10 November. Tapi setelah meeting dengan manajemen, latihan mundur menjadi 30 November. Artinya, Arema sudah menunda sesi latihan tiga kali.