Brylian Aldama Diproyeksikan Masuk Tim U-23 HNK Rijeka

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama, tinggal menunggu waktu untuk bergabung dengan klub Kroasia, HNK Rijeka. Pemain berusia 18 tahun itu akan dikontrak selama 18 bulan.

Ketika merapat nanti, Brylian Aldama belum akan bermain untuk tim senior Rijeka. Jebolan Garuda Select dua angkatan ini bakal diproyeksikan masuk skuad U-23.

Perwakilan Mola TV selaku penggagas Garuda Select, Mirwan Suwarso mengatakan, status Brylian Aldama fleksibel di skuad U-23. Mantan pemain Persebaya Surabaya U-20 ini bisa dipromosikan ke tim senior maupun dimainkan di tim U-19 Rijeka.

“Brylian Aldama akan bermain di kedua level tim. Mereka ada tim U-23 yang merupakan gabungan antar dua kelompok usia, senior dan U-19 yang bisa naik turun kasta kompetisi sesuai performa pemainnya,” kata Mirwan kepada Bola.com, Kamis (26/11/2020).

“Kalau untuk kontrak, Brylian Aldama bersama tim senior. Kalau tidak salah, dia diikat selama 18 bulan. Tim U-23 ini juga bisa dibilang sebagai tim reserve-nya HNK Rijeka. Semua tergantung bagaimana perkembangan pemainnya,” jelas Mirwan.

Kiprah Tim Senior dan U-19 Rijeka

Sekarang, tim senior Rijeka berkompetisi di HNL 1. alias kasta tertinggi dalam piramida sepak bola Kroasia. Klub berjulukan Rijeka’s Whites tersebut berada di peringkat kelima dengan 15 poin dari delapan partai.

Selain itu, Rijeka juga berkiprah di Liga Europa 2020/2021. Armada Simon Rozman ini tergabung di Grup F dan akan menantang Napoli pada Jumat (27/11/2020) dini hari WIB.

Adapun, tim U-19 Rijeka bermain di 1. HNL Juniori atau divisi teratas kompetisi U-19 di Kroasia. Saat ini, kesebelasan tersebut menduduki posisi kelima dengan 21 poin dari 21 laga.

Tinggal Menunggu Paspor dan Visa

Saat ini, Brylian Aldama masih mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19. Pemain kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu perlu merampungkan sejumlah dokumen resmi seperti paspor dan visa sebelum berangkat ke Kroasia.

“Brylian tinggal menunggu dokumen resminya saja, seperti visa dan paspor pemain dari PSSI. Lalu dia berangkat ke Krosia. Dia akan bergabung dengan tim U-23 HNK Rijeka,” tutur Mirwan.

“Kami carikan satu klub yang berjanji mengembangkan pemainnya. Artinya, kalau mereka berjanji mengembangkan, berarti mereka rela melepaskan satu slot pemain non-Uni Eropa.”

“Kebetulan pelatih mereka juga sudah berbicara dengan Dennis Wise untuk memberikan kesempatan buat Brylian Aldama. Harusnya begitu dokumennya beres, dia langsung berangkat. Secepatnya dia akan ke sana. Dia sudah ditunggu. Tinggal menunggu visa dan paspor pemain dari PSSI,” ucap Mirwan.