Dua Pemain Ungkap Situasi TC Timnas Indonesia U-19

Sudah sepekan lebih timnas Indonesia U-19 melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Perkembangan positif ditunjukkan seluruh pemain yang dipanggil dalam agenda tersebut.

Intesitas tinggi diterapkan selama TC dilangsungkan. Para pemain timnas Indonesia U-19 berlatih sehari tiga kali dengan program yang sudah dirancang oleh tim pelatih.

“Tentu kami semua ada perkembangan usai menjalani TC yang sudah berjalan memasuki pekan kedua ini. Pada pekan pertama lalu kami banyak diberikan menu latihan fisik dan pengembalian kebugaran fisik,” ucap bek timnas Indonesia U-19 Bagas Kaffa dikutip laman resmi PSSI.

Bagas menjelaskan rekan setimnya penuh semangat dalam menjalani TC. Tidak ada pemain timnas Indonesia U-19 yang mengeluh, meski agenda tersebut menguras fisik dan pikiran.
Goal 50 Dirilis: 50 pemain terbaik di dunia

“Kami harus selalu fokus dalam latihan. Selain itu kami juga harus disiplin dan kerja keras. Saya juga ingin terus bersama timnas U-19,” ujar pilar Barito Putera tersebut.

Sementara penyerang timnas Indonesia U-19 Irfan Jauhari, mengatakan banyak sisi positif selama mengikuti TC. Oleh karena itu, ia bakal berusaha keras untuk mempertahankannya.

“Alhamdulillah perkembangan dan progres latihan kami semakin baik. Kami harus punya mental yang lebih baik lagi dan jangan cepat menyerah. Apalagi kami akan mengikuti ajang Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20, tentu dibutuhkan kerja keras dan berjuang secara maksimal demi torehan prestasi di ajang tersebut,” kata Irfan.

Kini tersisa 36 pemain dari 38 nama yang dipanggil dalam TC tersebut Serdy Ephyfano, dan Yudha Febrian, tak lagi berparsipasi karena sudah dipulangkan ke klubnya masing-masing.

Serdy dan Yudha, dicoret karena melakukan sejumlah kesalahan fatal. Mulai dari pulang ke hotel pukul 03.00 WIB, kemudian tidak melakukan penimbangan berat badan hingga terakhir telat datang pada sesi latihan pagi, Senin (23/11).
Artikel dilanjutkan di bawah ini

Selepas dari Jakarta, timnas Indonesia U-19 berencana terbang ke luar negeri untuk melanjutkan TC. Sejauh ini ada dua negara yakni Spanyol dan Korea Selatan, yang dituju menggelar agenda tersebut.

Melaksanakan TC di luar negeri bukan yang pertama kali dilakukan timnas Indonesia U-19. Sebelumnya, David Maulana dan kawan-kawan melangsungkan agenda itu di Kroasia, pada Agustus sampai dengan Oktober 2020.

Selama berada di Kroasia, timnas Indonesia U-19 11 kali melakoni uji coba. Pasukan Shin Tae-yong tersebut meraih lima kemenangan, tiga imbang, dan tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan.