Mental dan Fisik Jadi Fokus Utama Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-19 Siap Berjaya?

Asisten pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Nova Arianto, mengungkap fokus utama pemusatan latihan skuad Garuda Nusantara yang digelar di Jakarta dari 16-23 November 2020. Nova Arianto menekankan, pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong meminta David Maulana dan kawan-kawan untuk meningkatkan mental dan ketahanan fisik mereka.

“Sesuai materi latihan dari coach Shin Tae-yong fokus selama pekan ini adalah mempertahankan serta meningkatkan level endurance (ketahanan fisik) pemain. Selain itu, melihat mental pemain dalam melaksanakan latihan yang diberikan. Jadi pemain harus selalu siap dan kerja keras,” kata Nova Arianto mengutip dari laman resmi PSSI, Senin (23/11/2020).

Sejak dulu, banyak ujar-ujar mengatakan, masalah yang ada di tubuh tim nasional Indonesia adalah mental dan ketahanan fisik. Meski secara teknik cukup mumpuni, sayangnya mental dan ketahanan fisik yang pada akhirnya menjadi malapetaka bagi Timnas Indonesia segala kelompok usia.

Ketika pertama kali membawa Timnas Indonesia U-19 pemusatan latihan di luar negeri, tepatnya ke Thailand medio Januari 2020, Shin Tae-yong mengatakan fisik personel skuad Garuda Nusantara hanya sanggup diajak bermain 20 menit.

‚ÄúSecara fisik sangat kurang. Setelah menit ke-20, para pemain terlihat kelelahan. Karena itu di Chiang Mai (Thailand) kami berkonsentrasi meningkatkan kemampuan fisik,” kata Shin Tae Yong mengutip dari laman resmi PSSI, medio Januari 2020.

BACA JUGA: Kabar Baik, Witan Sulaeman Masuk Daftar Pemain Radnik Surdulica di Laga vs Macva Sabac

Mental dan fisik alhasil terus ditempa Shin Tae-yong. Menurut sejumlah pemain seperti Bagas Kaffa dan Brylian Aldama, jika tidak ada pertandingan, skuad Timnas Indonesia U-19 bisa berlatih tiga kali sehari saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Perlahan-lahan, dua hal yang ditekankan Shin Tae-yong membuahkan hasil positif. Terbukti ketika bersua Arab Saudi di Kroasia, mental Braif fatari dan kawan-kawan tidak jatuh meski sempat tertinggal 0-3 lebih dulu.

Terbukti lewat perjuangan ekstra, Timnas Indonesia U-19 sanggup menahan Arab Saudi 3-3. Ketahanan fisik juga ditunjukkan skuad Timnas Indonesa U-19 saat menjalani TC di Kroasia.

Saat itu, Timnas Indonesia U-19 mencetak gol kemenangan 2-1 atas Qatar via Mochamad Supriadi di menit 84. Pertanda Timnas Indonesia U-19 siap berjaya di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021?

Di Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada 3-20 Maret 2021, Timnas Indonesia U-19 ditargetkan lolos ke semifinal. Sementara di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 12 Juni, Timnas Indonesia U-19 ditargetkan minimal lolos ke perempatfinal.