Tim Pelatih Yakin Dengan Komitmen Pemain Persib Bandung

Libur panjang yang diberikan diyakini tidak membuat skuad Persib Bandung, untuk berleha-leha. Pelatih fisik Maung Bandung Yaya Sunarya, percaya para pemainnya tetap menjalankan program latihan mandiri yang diberikan.

Sejak awal November Persib telah meliburkan aktivitas latihan bersama. Para pemain diminta berlatih mandiri dari kediaman masing-masing agar kondisi tetap terjaga ketika berkumpul kembali.

Keputusan libur tersebut karena Liga 1 rencananya kembali bergulir pada Februari tahun depan. Satu bulan sebelum kompetisi dilaksanakan para pemain Persib bakal memulai persiapan.

“Situasi sekarang sulit untuk semuanya. Tapi kami coba terapkan satu program yang mudah-mudahan sesuai harapan. Berbeda situasinya dengan latihan mandiri sebelumnya, kami berikan kepercayaan pada pemain untuk saat ini,” kata Yaya dikutip laman resmi klub.

“Saya percaya pemain menjalankannya sesuai instruksi. Akan ada satu kesempatan, tim pelatih melihat secara langsung latihan yang mereka lakukan secara virtual. Itu akan menunjukkan apakah selama ini menjalani lathan dengan benar atau tidak. Kami akan lihat gerakan yang dilakukan sudah sesuai atau belum saat melihat secara langsung,” Yaya menambahkan.

Yaya menjelaskan pihaknya sudah merancang sedemikian rupa program latihan untuk menghindarkan pemain dari rasa bosan. Maka dari itu, ia merasa latihan mandiri timnya dapat berjalan lancar.

“Karena kita tidak tahu apakah yang dibuat ini hasilnya bagus atau tidak. Hasilnya akan ketahuan setelah kembali latihan bersama. Tapi kami sudah mencoba membuat program sebaik mungkin, bisa diterima oleh pemain dan tidak membuat jenuh. Ini juga berdasarkan kepercayaan yang sudah kami buat sebelum latihan bersama diliburkan,” ujarnya.

Liga 1 musim ini sempat berjalan sebanyak tiga pekan. Namun, pada pertengahan Maret lalu, PSSI memutuskan untuk menghentikannya karena pandemi virus corona melanda Indonesia.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Persib tampil gemilang. Pasukan Robert Rene Alberts tersebut berhasil meraih tiga kemenangan atas Persela Lamongan tiga gol tanpa balas, serta Arema FC dan PSS Sleman dengan skor identik 2-1.

Raihan tersebut membuat Persib untuk sementara menjadi pemuncak klasemen. Supardi Nasir dan kawan-kawan unggul dua poin dari Bali United yang menempel ketat di bawahnya dengan koleksi tujuh angka.