Bima Sakti: Timnas Indonesia U-16 Terus Alami Peningkatan

Timnas Indonesia U-16 sudah satu pekan menjalani pemusatan latihan (TC), di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Pekan ini para pemain terus diasah untuk menjadi lebih baik jelang Piala Asia U-16 2020 tahun depan.

Menurut pelatih Bima Sakti, pemain mengalami perkembangan signifikan dalam berbagai hal selama TC ini. Beberapa nama baru yang dipanggil Bima juga turut memperlihatkan adaptasi yang bagus selama TC tersebut.

“Baik itu dari fisik, pemahaman taktik yang diperbaiki mereka sudah banyak meningkat. Pembenahan setelah dua laga uji coba melawan UEA [Uni Emirat Arab] membuat kami dapat pelajaran bermakna,” ucap Bima.

Mantan kapten timnas Indonesia itu ingin anak asuhnya bisa mengeksekusi taktik dengan baik, termasuk bermain lebih rapat ketika menggalang pertahanan. Hal ini berdasarkan bahan evaluasi usai dua kali dikalahkan UEA.

“Hari (23/11) ini kami mempertajam operan, terutama akurasi, small sided game, tiga tim dibagi tujuh pemain kami juga banyak melakukan permainan dengan menggunakan seluruh lapangan, setiap pemain mendapat giliran main. Hal ini akan terus menjadi menu mereka selama satu pekan nanti,” urai Bima.

“Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antar lini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya. Terutama apabila melawan tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih besar dan tinggi seperti pemain tim UEA.”

“Saat lawan memainkan bola direct [langsung] dari penjaga gawang mereka langsung ke depan, itu bagaimana cara antisipasinya, pemain saya minta untuk menjaga jarak, jangan terlalu terbuka,” jelas Bima menambahkan.

Selama ini timnas U-16 selalu menjaga protokol kesehatan dalam setiap kegiatan mereka. Bima menilai saat ini hal itu sudah biasa dilakukan pemain tanpa perlu beradaptasi. Yang terpenting, para pemain dalam keadaan sehat, dan makin terbangun kecocokan.

“Saya juga berharap fisik mereka bisa terus meningkat, hubungan antarpemain juga bisa terjalin dengan baik lagi dan terpenting, tetap menjaga kesehatan dengan patuh terhadap protokol kesehatan,” tandas Bima.

Garuda Muda bakal tampil di Piala Asia U-16 2020 tahun depan, dengan Bahrain sebagai tuan rumah. Mereka tergabung di grup sulit yang dihuni oleh Arab Saudi, Jepang, dan Tiongkok, di Grup D.