Persipura Minta Alasan Jelas Bila Ditunjuk Wakili Indonesia di AFC Cup 2021

Persipura menjadi salah satu dari enam tim di Liga 1 yang lolos lisensi klub AFC. Dari hasil verifikasi, Persipura lolos tanpa syarat apa-apa.

Dengan begitu, Persipura punya kans menjadi wakil Indonesia di AFC Cup 2021. Apalagi, tak bergulirnya kompetisi di musim ini membuat Indonesia belum memiliki wakil di turnamen antarklub Asia tersebut.

Persipura belum berpikir untuk mewakili Indonesia di ajang AFC Cup. Meski begitu, ‘Mutiara Hitam’ siap tampil asal dengan penetapan yang jelas oleh PSSI.

“Kami belum berpikir sejauh itu (main di AFC Cup) apa pun yang mau ditunjuk PSSI ya silakan, tetapi ini harus ada pertimbangan yang jelas agar ini menjadi fair untuk semua,” tutur asisten manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun, kepada kumparan, Minggu (22/11).

“Kalau bicara kesiapan sebagai sebuah klub harusnya siap, tetapi apakah kami akan menerima itu atau tidak itu tergantung aspek apa yang menjadi landasan sampai kita ditunjuk.”

“Pertimbangannya apa? Apakah fair atau tidak? Kalau PSSI menunjuk dengan landasan yang jelas kami terima. Kalau dasarnya tak jelas akan jadi pertanyaan buat kita,” tambahnya.

Persipura sebenarnya memiliki saran lain untuk PSSI. Menurut tim yang dilatih Jacksen F Tiago itu, ada baiknya Bali United dan PSM Makassar yang mewakili Indonesia di ajang AFC Cup tahun depan.

Apalagi, PSM dan Bali United berhenti bukan karena kalah. Ya, AFC Cup tahun ini harus berhenti akibat pandemi virus corona yang melanda dunia.

“Kami menyarankan kalau pada akhirnya PSSI harus mengirimkan, kirimkan yang tahun kemarin Bali United sama PSM Makassar, karena mereka berhenti di tengah jalan. Pasti mereka mau menuntaskan itu apa pun hasilnya. Berikan saja,” tutup Bento.