Mengingat Gol Fantastis Ricky Yacobi di Asian Games 1986

Sebelum membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987, Ricky Yacobi menjadi sorotan ketika mencetak gol fantastis pada Asian Games 1986 di Korea Selatan.

Ricky Yacobi kala itu membukukan gol tendangan voli di babak perempat final kontra Uni Emirat Arab, sekaligus melambungkan namanya di persepakbolaan Indonesia.

Pada pesta olahraga antar negara-negara Asia itu, di babak penyisihan Indonesia yang dilatih Bertje Matulapelwa berada satu grup dengan tim-tim yaitu Qatar, Arab Saudi dan Malaysia.

Pada laga pertama, Indonesia menahan Qatar dengan skor 1-1. Namun, di laga kedua melawan Arab Saudi, Timnas Indonesia kalah 2-0 dari Arab Saudi.

RickyYakobi dkk. maju ke perempat final setelah di laga terakhir menang atasMalaysia 1-0 lewat gol Yonas Sawor pada menit ke 35.

Di perempatfinal Timnas Indonesia menghadapi tim kuat lainnya asal Timur tengah, Uni Emirat Arab (EUA). Mereka sempat tertinggal dua kali.

Namun, Ricky Yacobi tampil gemilang. Saat Indonesia tertinggal 1-0, putra Medan itu mencetak gol indah melalui tendangan tanpa bola menyentuh tanah.

Pada menit ke-78, Indonesia kembali tertinggal. Beruntung, Jaya Hartono mencetak gol penyama kedudukan sehingga laga berujung adu penalti.Indonesia menang 4-3 dalam babak ini dan melaju ke semifinal.

Di babak semifinal, Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Selatan dengan skor 4-0.

Laman RSSSF merangkum, Ricky Yacobi membela Timnas Indonesia pada periode 1985-1991. Selama enam tahun, ia membukukan 31 penampilan dan mencetak lima gol.

Timnas era itu dikenal dengan sebutan The Boys of 1987. Bahkan doa-doa yang terapal di mulut orang tua jika kita bermimpi ingin menjadi pemain sepakbola; semoga bisa seperti Ricky Yakobi atau Robby Darwis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.