Turnamen Belum Pasti Digelar, Arema FC Baru Akan Berlatih pada Desember 2020

Rencana Arema FC untuk menggelar latihan bersama pada 30 November mendatang tampaknya mengalami penundaan. Alasannya sampai saat ini belum ada informasi pasti mengenai digelarnya turnamen pemanasan antarklub Jawa Timur yang kabarnya akan digelar Januari 2021.

Ketidakpastian tersebut membuat manajemen Arema FC memutuskan untuk menunda dulu jadwal berkumpulnya kembali para pemain. Manajemen Singo Edan akan menunda program latihan bersama itu hingga Desember mendatang.

“Jika akhir November tidak jadi berlatih bersama, pasti Arema FC akan berlatih pada Desember. Mungkin pertengahan atau akhir bulan baru berlatih kembali,” ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

“Sebenarnya persiapan selama 1,5 bulan jelang kompetisi sudah cukup bagi kami. Ini bukan persiapan membentuk tim, hanya tinggal melanjutkan saja,” lanjutnya.

Manajemen Arema FC melihat skuat yang ada sekarang sudah kompak. Pemain juga merasa jenuh jika terlalu lama melakukan persiapan.

“Sampai sekarang kami belum menerima kabar turnamen di Jawa Timur akan tetap digelar atau tidak. Kami menunggu saja sampai akhir bulan ini. Jika urung digelar, kami langsung berkomunikasi dengan tim pelatih dan pemain untuk menunda lagi latihannya,” tegas GM Arema FC itu.

Secara finansial, Arema FC bisa berhemat sekitar Rp75 juta dalam satu bulan jika tidak ada sesi latihan. Dana itu biasanya dikeluarkan untuk biaya operasional, seperti sewa lapangan dan akomodasi.

Pada masa pandemi COVID-19, penghematan seperti itu tergolong lumayan baik. Dana tersebut bisa disalurkan untuk pembayaran gaji pemain.

“Biaya yang paling tinggi memang gaji. Kalau operasional tidak besar,” ujar Ruddy Widodo.

Sementara itu, para pemain tampaknya cukup menikmati libur panjang ini. Kekecewaan karena kompetisi mundur hingga Februari 2021 teralihkan dengan aktivitas bersama keluarga atau bisa refreshing.

Ada juga yang memutuskan bermain sepak bola santai bersama tim di kampung halaman. Sementara pemain asing seperti Caio Ruan dan Bruno Smith beberapa kali ke Surabaya untuk berkumpul bersama pemain asing dari Brasil yang membela Madura United.