Alasan PSSI Prioritaskan Spanyol Ketimbang Korsel sebagai Tempat TC Timnas Indonesia U-19

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut sejauh ini ada dua negara yang merespons rencana pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19, yakni Spanyol dan Korea Selatan.

Namun, PSSI masih memprioritaskan Spanyol sebagai negara tujuan TC tim asuhan Shin Tae-yong tersebut. Alasannya, Spanyol tidak menerapkan aturan karantina untuk pendatang.

Adapun Korea Selatan mewajibkan karantina selama 14 hari setelah memasuki negara tersebut. Hal itu bakal menjadi beban buat Timnas Indonesia U-19.

Selain itu, PSSI juga mempertimbangkan masalah perbedaan suhu kedua negara saat Timnas U-19 menggelar TC. Situasi tersebut yang membuat PSSI masih berharap untuk bisa memboyong Timnas U-19 ke Spanyol.

“Di Spanyol bisa langsung latihan. Adapun di Korea Selatan harus karantina selama 14 hari dan itu yang menjadi pertimbangan kami,” kata Mochamad Iriawan, Selasa (17/11/2020).

“Kemudian masalah suhu. Di Spanyol melalui hasil komunikasi suhunya 21 derajat. Tidak jauh berbeda dengan Bandung. Adapun di Korea suhu terus menurun dan dikhawatirkan menyentuh angka minus pada Desember,” ucap Iriawan.

Selain itu, Timnas Indonesia U-19 juga sudah mendapatkan calon lawan pada laga uji coba di Spanyol. Kemudian selama di sana pelatih Shin Tae-yong bisa sekalian memantau pemain keturunan yang mayoritas berdomisi di Eropa.

Timnas Indonesia U-19 saat ini melakukan pemusatan latihan di Jakarta dan akan berlangsung sampai 23 November 2020. Kegiatan ini merupakan program lanjutan persiapan Piala AFC dan Piala Dunia U-20 2021.

Mochamad Iriawan juga menyebut pelatih Shin Tae-yong tak masalah dengan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong hanya berpesan agar Timnas U-19 bisa mendapatkan banyak uji coba seperti yang dilakukan di Kroasia.

“Prinsip Shin Tae-yong tidak masalah mau di mana saja. Yang terpenting bisa berlatih di luar negeri. karena kami menginginkan laga uji coba dengan tim kuat,” tegas Iriawan.

Waktu yang dimiliki Timnas Indonesia U-19 tak banyak. Memasuki 2021, Timnas U-19 bakal tampil di Piala AFC dan puncaknya adalah Piala Dunia U-20 2021 yang digelar mulai Mei-Juni tahun depan.