Oktafianus Fernando Beberkan Belum Ada Kontrak Baru di Persebaya Surabaya

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso pernah menyampaikan keresahannya soal lanjutan Liga 1 2020 yang akan digelar Februari 2020, sementara kontrak mayoritas pemainnya habis Desember 2020.

Di lain pihak, manajemen Persebaya Surabaya belum melakukan pembicaraan soal kontrak ke pemain karena masih menunggu aturan yang akan dikeluarkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku federasi sepak bola Tanah Air.

Menanggapi soal ini, winger Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando membenarkan, jika belum ada pembicaraan soal adendum terhadap kontrak pemain yang akan habis dalam waktu dekat ini.

Penyesuaian kontrak memang sudah pernah dilakukan Persebaya Surabaya pada Agustus 2020 lalu. Sesuai arahan PSSI melakukan renegosiasi kontrak hingga anggota tim menerima bayaran 50 persen selama kompetisi distop.

“Belum ada, memang terakhir kita dapat adendum dari PSSI. Pastinya seluruh tim mengikuti dari federasi. Itu bulan Agustus akhir kita dapat adendum baru sampai Februari,” kata Oktafianus Fernando, Senin (16/11/2020).

Menyusul lanjutan kompetisi Liga 1 2020 mundur ke Februari 2021, pemain yang akrab disapa Ofan ini menyebut belum ada informasi lebih lanjut soal mekanisme kontrak pemain.

“Dengan situasi seperti ini belum ada info lagi. Kalau saya tahunya kontrak saya terakhir sesuai adendum baru sampai Februari,” sambung kakak kandung dari bintang Timnas Indonesia U-16 Marcelino Ferdinand ini.

Untuk itu, Ofan memilih bersabar sembari menunggu adanya kejelasan soal kontrak pemain yang memang akan dikeluarkan PSSI sesuai surat terakhir yang diterima klub soal lanjutan liga di Februari.

“Seperti apa ke depannya saya belum tahu, belum ada kebijakan revisi dari PSSI, kita masih tunggu saja, mengambang lah, ngikutin saja,” tutup pemain yang berseragam Persebaya Surabaya sejak 2017 itu.

Di lain pihak, Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi mengatakan, pihaknya belum ada pembicaraan kontrak ke anggota timnya karena masih menunggu regulasi yang akan dikeluarkan PSSI.

“Sebenarnya dalam salah satu poin surat liga, dijelaskan PSSI akan segera membuat keputusan terkait hak dan kewajiban kepada pemain, pelatih dan official. Kami masih tunggu itu,” ujar Candra Wahyudi.