TC Timnas Futsal Indonesia Segera Selesai, Pelatih Ingatkan Berbagai Hal

Timnas futsal Indonesia mengakhiri pemusatan latihan (TC), pada akhir pekan ini. Agenda tersebut sudah berlangsung selama 1,5 bulan di Bhaskara Arena, Surabaya, Jawa Timur.

Sebanyak 20 nama dipanggil untuk ambil bagian dalam TC ini. Perkembangan positif ditunjukkan para pemain timnas futsal Indonesia selama menjalani agenda tersebut.

Pelatih timnas futsal Indonesia Kensuke Takahashi, menyambut gembira dengan hal tersebut. Menurutnya, semangat anak asuhnya tidak mengendur sejak awal TC dilaksanakan.

“Perubahan paling mendasar adalah profesionalisme pemain. Mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik, datang latihan lebih cepat. Masing-masing sudah mengerti kebutuhannya, sehingga latihan bisa 100 persen,” kata Kensuke.

“Di luar lapangan profesionalisme pemain sangat bagus. Pemain contohnya sangat menjaga makanan. Menurut saya ini adalah pertumbuhan yang sangat baik,” Kensuke menambahkan.

Sosok asal Jepang tersebut menyampaikan timnya membutuhkan pertandingan uji coba internasional. Ia ingin melihat kelebihan dan kelemahan yang dimiliki timnas futsal Indonesia.

“Kami perlu melihat lebih jelas bagaimana pengalaman jika gagal di pertandingan. Dari situ bisa dicari tahu strategi yang disiapkan jalan atau tidak, supaya bisa cepat diperbaiki,” ucapnya.

“Semua hal itu hanya bisa didapat dengan menghadapi lawan yang kami buta kekuatannya,” ia melanjutkan.

TC tersebut jadi persiapan timnas futsal Indonesia sebelum mengikuti Piala Asia Futsal, pada Maret atau April tahun depan. Ajang tersebut bakal dilangsungkan di Kuwait.

Sebelumnya, Piala Asia Futsal dilaksanakan pada 2-13 Desember 2020. Namun, konfederasi sepakbola Asia (AFC), memilih menundanya karena belum berakhirnya pandemi virus corona.

Dalam ajang tersebut timnas futsal Indonesia menempati Grup C. Bambang Bayu Saptaji dan kolega bakal berhadapan dengan Uzbekistan, Bahrain, dan Tiongkok.

Di sisa waktu yang ada, Kensuke meminta armadanya tidak lupa untuk menjalani latihan secara mandiri dari kediaman masing-masing. Ia tak ingin ketika kembali berkumpul para pemain timnas Indonesia U-19 mengalami penurunan kondisi yang drastis.

“Saya berharap semua bisa terus berkembang. Mulai aspek teknik, mental, fisik, dan taktik sampai nanti berkumpul lagi untuk TC berikutnya menuju Piala Asia Futsal,” ucapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.