Nova Arianto Jelaskan Alasan Bagus Kahfi Tak Dipanggil Timnas U-19

Asisten pelatih timnas U-19 Indonesia, Nova Arianto, mengungkapkan, tim pelatih tetap memantau perkembangan Amiruddin Bagus Kahfi.

Amiruddin Bagus Kahfi sudah sembuh dari cederanya dan saat ini sedang menjalani pemulihan bersama klub asal Belanda, FC Utrecht.

Meski jauh dari Indonesia, Nova Arianto mengaku tim kepelatihan timnas U-19 tetap memantau perkembangan pemain berambut kribo itu.

“Sejauh ini Bagus memang tetap menjadi pantauan kami dari tim pelatih. Untuk alasan lebih detailnya, nanti biar coach Shin Tae-yong yang memberikannya,” kata Nova.

Untuk diketahui, saat ini timnas U-19 tengah menjalani pemusatan latihan secara virtual. Namun, nama Bagus Kahfi tak masuk dalam daftar tersebut.

Nova membeberkan alasan mengapa Bagus Kahfi tak masuk dalam daftar pemanggilan timnas U-19 dalam latihan virtual pada November 2020.

“Kalau masalah ini, tim pelatih menilai karena ada perbedaan waktu antara Belanda dan Indonesia, makanya Bagus tidak ikut,” ujar Nova.

“Selain itu, kami memberikan kesempatan untuk Bagus untuk mengembalikan kondisinya terlebih dahulu,” mantan pemain timnas Indonesia itu menambahkan.

“Karena saya tahu saat ini dia sedang rehabilitasi cederanya,” tambah mantan bek tengah PSIS Semarang dan Persib Bandung itu.

Adapun timnas U-19 Indonesia menjalani latihan secara virtual sejak 5 November dan dijadwalkan berakhir pada 15 November 2020.

Seperti diketahui, Amiruddin Bagus mengalami cedera saat mengikuti program Garuda Select II di Inggris. Cedera itu memaksanya menjalani operasi.

Pemain yang telah dikontrak Barito Putra ini pun harus absen dalam pemusatan latihan timnas U-19 di Kroasia, yang berlangsung selama dua bulan.

Namun, karena kondisinya makin membaik dan Piala Asia U-19 2020 akan berlangsung pada 2021, Amiruddin Bagus Kahfi tetap berpeluang dipanggil.