Penyebab Bagus Kahfi Belum Dipanggil TC Timnas Indonesia U-19

Pemusatan latihan (TC) virtual timnas Indonesia U-19, kedatangan empat pemain tambahan. Namun, dalam daftar terbaru yang dipanggil tersebut tidak ada nama Bagus Kahfi.

Adapun empat pemain tersebut yakni Hamsa Lestaluhu, Serdy Ephyfano, Arya Garryn Putra, dan Pualam Bahari. Mereka bakal berlatih dengan 33 nama lainnya yang telah lebih dahulu menjalani TC.

Belum dipanggilnya Bagus, menimbulkan pertanyaan. Mengingat, pilar Barito Putera tersebut sudah pulih dari cedera yang dialaminya ketika memperkuat Garuda Select melawan Reading U-18.

Bagus mengalami cedera kaki kiri karena salah tumpuan ketika membela Garuda Select melawan Reading U-18, pada Maret lalu. Akibatnya, ia terpaksa menepi dari lapangan hijau sekitar tujuh bulan.

Asisten pelatih timnas Indonesia U-19 Nova Arianto, pun memberikan komentarnya. Ia menyebut Bagus tidak bisa ambil bagian dalam TC virtual tersebut lantaran sesuatu hal.

TC virtual timnas Indonesia U-19 sudah dimulai sejak 5 November lalu. Dijadwalkan David Maulana dan kawan-kawan mengikuti agenda ini hingga 15 November mendatang, yang dipimpin langsung Shin Tae-yong.

“Bagus Kahfi belum dapat gabung TC virtual timnas Indonesia U-19 karena ada perbedaan waktu [antara Indonesia dan Belanda] saja,” kata Nova saat dihubungi awak media.

Sejak beberapa pekan lalu, Bagus memutuskan meninggalkan Inggris. Ia terbang ke Belanda untuk menjalani proses rehabilitasi cedera bersama klub FC Utrecht.

Kedatangannya ke FC Utrecht, sempat menimbulkan isu Bagus telah mendapat kontrak di klub tersebut. Akan tetapi, ia menegaskan kabar yang beredar itu tidak benar adanya.

Selepas TC virtual, PSSI berencana kembali mengirim timnas Indonesia U-19 ke luar negeri. Sebelumnya, skuad Garuda Muda, melaksanakan agenda tersebut di Kroasia pada Agustus hingga Oktober 2020.

Ada sejumlah negara yang dituju yakni Jepang, Belanda, dan Korea Selatan. PSSI kini sedang menjalin komunikasi dengan para federasi sepakbola negara tersebut untuk mengirim timnas Indonesia U-19.

TC tersebut menjadi rangkaian persiapan timnas Indonesia U-19 untuk berpartisipadi di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Kedua ajang tersebut bakal diselenggarakan pada tahun depan.