Madura United Mulai Latihan Lagi Desember 2020

Masa libur untuk para pemain Madura United diperpanjang. Keputusan tersebut diambil karena Liga 1 musim ini dijadwalkan baru bergulir pada awal tahun depan.

Semula para pemain Madura United, bakal berkumpul pada 11 November mendatang. Namun, setelah melakukan pertimbangan dan berkoordinasi dengan jajaran manajemen, tim pelatih memutuskan libur diperpanjang.

“Kalau kompetisi diputar lagi pada Februari 2021, dengan asumsi itu kami akan mulai latihan pada Desember 2020,” kata pelatih Madura United Rahmad Darmawan.

Meski libur sosok yang karib disapa RD tersebut meminta anak asuhnya tidak lepas tanggung jawab. Para pemain Laskar Sape Kerrab diminta berlatih mandiri di kediaman masing-masing.

“Saya harap semua pemain tetap menjaga kondisi dan kesehatannya selama vakum kompetisi ini. Ini tentu untuk kebaikan mereka sendiri dan juga bagi tim,” ujarnya.

Sedangkan direktur PT. Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Zia Ulhaq Abdurrahim, merasa senang timnya dapat memahami kondisi yang ada. Ia berharap para pemain berkumpul dengan sehat.

“Di tengah situasi pandemi, sulit menentukan berbagai langkah konkret tanpa dukungan seluruh elemen tim. Tetapi kami bersyukur, keputusan yang kami ambil mendapat respons positif dari semua pihak,” ucap Zia.

Dijadwalkan Liga 1 berlangsung pada Februari 2021. Kepastian tersebut setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengeluarkan surat bernomor 395/LIB-KOM/XI/2020, tertanggal 2 November 2020.

Hanya saja, PT LIB belum memberi penjelasan detail terkait tanggal dan format yang dipakai di Liga 1. Baru diketahui pelaksanaan kompetisi sepakbola kasta teratas Tanah Air itu rencananya berakhir Juli 2021.

PT LIB juga mengubah titel Liga 1, yang tadinya 2020 menjadi 2020/2021. Artinya Liga 1 tidak dilaksanakan dari awal, melainkan melanjutkan musim ini yang sudah sempat bergulir.

Sebelum Liga 1 dihentikan pada pertengahan Maret lalu, karena pandemi virus corona, Madura United sudah bermain tiga kali. Hasilnya, mereka mengemas satu kemenangan atas Barito Putera, ditahan Persiraja Banda Aceh, dan dikalahkan Bali United.

Alhasil, untuk sementara Madura United harus puas menduduki peringkat delapan klasemen. Laskar Sape Kerrab tertinggal lima angka dari Persib Bandung yang berada di pucuk dengan koleksi sembilan poin.