Renovasi Stadion Piala Dunia U-20 Ditargetkan Selesai Enam Bulan

Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) menargetkan renovasi dua stadion dan 15 lapangan latihan yang digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021 dapat diselesaikan dalam waktu enam bulan.

Hal itu disampaikan menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang menyaksikan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) renovasi stadion dan lapangan latihan di kantor kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) kemarin.

Penandatanganan MoU ini sekaligus menandai dimulainya kegiatan renovasi tersebut. Secara keseluruhan, biaya yang akan digelontorkan mencapai Rp314,82 miliar. Piala Dunia U-20 direncanakan bergulir pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Mengingat waktu yang tersedia tidak banyak, Basuki berharap proses renovasi berjalan tepat waktu. Basuki juga menginginkan detail renovasi mulai rumput, drainase, hingga pencahayaan stadion afar sesuai dengan standar FIFA.

“Kita punya waktu cuma enam bulan. Tolong jangan sampai mundur, dan tidak ada alasan untuk itu. Tapi saya yakin dengan pengalaman Nindya Karya dan PP (Pembangunan Perumahan) dalam menyiapkan venue Asian Games, saya yakin ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya,” ucap Budi.

“Kami dengar FIFA agak keras, beda dengan IOC (komite olimpiade internasional) Asian Games. Kami harus memenuhi betul persyaratan itu, terutama penerangan dan rumputnya. Penggantian rumput harus dapat dihitung dengan baik supaya dalam enam bulan nanti bisa sudah bisa dipakai untuk pertandingannya.”

Basuki juga berharap pemenuhan standar FIFA dalam renovasi stadion dan lapangan latihan dapat memicu semangat pemain timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di event tersebut pada tahun depan.

“Ini memberi semangat timnas [U-19] untuk berlatih keras dengan menyediakan sarana dan prasarana yang baik. Semoga ini bisa memperbaiki dengan cepat dan sesuai dengan standar FIFA,” ucap Basuki.

Sementara itu, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan apresiasi terhadap kementerian PUPR dan Kemenpora yang berusaha keras menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

“Sampai saat ini semua jadwal masih on the track. Saya berharap sepakbola terus membanggakan, selamat bekerja untuk semua. Saya berharap kita sukses nanti di Piala Dunia. Saya juga berharap kita bisa menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia seniornya,” tutur Iriawan.