Jawaban PSSI soal Wakil Indonesia di Piala AFC Musim Depan

PSSI belum bisa menentukan klub yang mewakili Indonesia di Piala AFC 2021. Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku akan menentukan hal itu dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Indonesia mendapatkan jatah dua klub untuk bermain di Piala AFC 2021. Namun, molornya Shopee Liga 1 2020 ke awal 2021 membuat siapa yang akan menjadi wakil Indonesia belum bisa diketahui.

Pada Piala AFC 2020, Indonesia diwakili oleh Bali United dan PSM Makassar. Sayangnya, pandami COVID-19 yang melanda dunia membuat turnamen tersebut harus terhenti di tengah jalan.

Yunus Nusi menyebut, AFC memberikan tenggat waktu kepada PSSI untuk menentukan wakil Indonesia pada Desember mendatang. Hal ini akan segera diketahui dalam rapat Exco yang bakal digelar dalam waktu dekat.

“AFC meminta batas waktu penyampaian tentang perwakilan Indonesia pada 22 Desember 2020. Untuk permasalahan ini, kami akan putuskan dalam rapat Exco,” kata Yunus Nusi.

Dengan Shopee Liga 1 2020 yang baru bergulir pada awal 2021, besar kemungkinan PSSI akan mengirimkan Bali United dan PSM Makassar ke Piala AFC 2021. Andai menggunakan peringkat klasemen saat ini tentu saja tidak adil karena baru memainkan tiga pertandingan pada musim 2020.

Piala AFC 2021 rencananya akan digelar pada 15 Februari hingga 6 November 2021. Namun, babak kualifikasi sudah digelar sejak 5 Januari 2021.

Perjalanan di turnamen kelas dua AFC ini sangat panjang. Klub yang lolos terlebih dulu akan bertanding di babak penyisihan grup.

Setelah itu, dua tim teratas di tiap-tiap grup akan lolos ke babak fase gugur. Untuk menjadi juara, klub masih harus melewati sejumlah babak seperti Zonal semi-finals, Zona Finals, Inter-zone play-off semi-finals, Inter-zone play-off final, dan final.